Berita Sangihe

Jabat Bupati Sangihe Sulawesi Utara, Bupati Rinny Tamuntuan Terus Lakukan Lobi ke Pusat

– Berbagai lobi terus dilakukan dr Rinny Tamuntuan pasca Jabat Bupati Kepulauan Sangihe provinsi Sulawesi utara

Penulis: Nelty Manamuri | Editor: Chintya Rantung
Ist
Pj Bupati dr Rinny Tamuntuan Sangihe saat mengunjungi Bapenas RI 

TRIBUNMANADO.CO.ID – Berbagai lobi terus dilakukan dr Rinny Tamuntuan pasca Jabat Bupati Kepulauan Sangihe provinsi Sulawesi utara  yang dilantik pada 22 mei 2022 lalu.

Salah satu lobi yang dilakukanya yakni mengunjungi Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bapenas), Jumat (1/07/2022) pekan lalu.

Kedatanganya tersebut dalam rangka pertemuan serta pengajuan proposal pertanian dan perpustakaan di Direktorat Pangan dan Pertanian yang diterima Perencana Ahli Madya (Koordinator) Zulfriandi bersama Anggota Nofriandi dan Direktorat Agama, Pendidikan dan Kebudayaan Atisomya Nareswari dan Setyadi Sulaiman.

Dalam pertemuan Pj Bupati menjelaskan terkait proposal yang dibawanya khusus untuk pembangunan dan pertanian yang relatif di kawasan Kabupaten Sangihe serta pembangunan gedung perpustakaan di Kabupaten yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Filipina ini.

“Saat ini di Kabupaten Kepulauan Sangihe lebih giat-giatnya melakukan usaha mikro kecil menengah (UMKM) di tengah masyarakat seperti pembuatan minyak goreng,” ungkap Tamuntuan.

Hanya saja lanjut dia, pembuatan minyak goreng sendiri ini terkendala dengan teknologi tepat guna, dimana peralatannya masih manual.

“Dan tentunya jika dari sisi penganggaran APBD Sangihe juga perlu dipahami. Jadi saya mengupayakan adanya alat untuk pembuatan minyak goreng,” ungkap Penjabat Bupati.

Bupati juga menjelaskan terkait Pulau Marore yang ada di wilayah perbatasan RI-Filipina dimana pasokan bahan pangan tidak langsung dari Manado tapi harus dengan menggunakan kapal perintis sabuk Nusantara.

“Dan sudah hampir sebulan ini hanya satu kapal Sanus yang beroperasi karena yang satunya lagi naik dok, sehingga rawan terjadi darurat pangan. Jadi hal ini harus diperhatikan,” kata Tamuntuan.

Selain dari sisi pertanian, Tamuntuan juga meminta Direktorat Agama, Pendidikan dan Kebudayaan untuk fasilitas gedung perpustakaan.

“Beberapa waktu lalu saya sudah menyerahkan proposal ke Perpusnas RI dan mendapat arahan juga untuk memberikan ke Bappenas,” tutup Penjabat. (Nel)

Baca juga: Daftar Kasus Menonjol di Sulawesi Utara yang Diungkap dan Diproses Polda Sulut

Baca juga: Peringatan Dini BMKG Besok Rabu 6 Juli 2022, Ini Daftar Wilayah Waspada Potensi Cuaca Ekstrem

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved