Berita Boltim

GMPA Go Green Tombolikat Selatan Bersihkan Sampah di Pantai Boltim, Tindak Lanjut Keluhan Warga

Sampah di Pesisir Pantai Desa Tombolikat Dibersihkan Generasi Muda Pecinta Alam GO Green Tombolikat Selatan Boltim.

Tribun Manado/Rustaman Paputungan
Generasi Muda Pecinta Alam (GMPA) Go Green Desa Tombolikat Selatan Kecamatan Tutuyan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, melakukan bersih - bersih sampah yang ada di Pantai Desa Tombolikat. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Generasi Muda Pecinta Alam (GMPA) Go Green Desa Tombolikat Selatan Kecamatan Tutuyan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, melakukan bersih - bersih sampah yang ada di Pantai Desa Tombolikat.

Kegiatan tersebut digelar Sabtu (18/6/2022)

Kelompok pemuda yang terdiri dari laki - laki dan perempuan ini sangat antusias mengumpulkan sampah, baik sampah organik dan sampah anorganik.

Chandra Vebrian Mokoagow (19), salah satu pemuda pecinta alam, yang tergabung dalam GMPA GO GREEN kepada Tribunmanado.co.id mengatakan kegiatan tersebut, rutin dilaksanakan.

"Kegiatan yang kami lakukan adalah kegiatan rutin yang kami selenggarakan, juga bagaimana bentuk kepedulian kami tentang sampah atau limbah, yang sangat mencemari lautan," ujar Chandra.

Lanjut Chandra, dampak sampah yang mencemari lautan menurut mereka sangat mengganggu ekosistem dalam laut.

"Jadi kami dari Generasi Muda Pecinta Alam (GMPA) GO GREEN, melaksanakan kegiatan ini. Memungut dan mengumpulkan sampah atau limbah," ujar dia. 

Tindak Lanjut Keluhan Masyarakat

Aksi bersih-bersih pantai ini dilakukan GMPA Go Green Desa Tombolikat Selatan juga sebagai tindak lanjut kelihan dari masyarakat. 

"Banyak komplain dari masyarakat yang sedang melaut. Mereka mengatakan bahwa, dampak dari sampah - sampah ini mengurangi penghasilan mereka di laut," ujar Chandra.

Kata Chandra, GMPA Go Green Tombolikat Selatan terus berusaha melestarikan alam.

"Kalau kami mencintai alam, walau tidak bisa memiliki alam, tapi bagaimana cintanya kami pada alam, bagaimana agar alam ini lebih baik dan lebih lestari," ujar dia. 

Chandra juga menambahkan, sampah yang mereka bersihkan ada dua jenis sampah, yakni sampah organik yang terdiri dari daun dan ranting - ranting pohon, dikumpul dan dibakar.

Sedangkan sampah anorganik atau jenis botol plastik, dikumpulkan sendiri, dimasukkan kedalam kantong plastik, dan akan dibuang ke tempat yang telah disiapkan, tutupnya. (*)

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved