Tips Sehat

Informasi Daftar Makanan yang Ampuh Menurunkan Darah Tinggi dengan Cepat

Hipertensi adalah saat hasil pembacaan tekanan darah sistolik melebihi 140 mmHg, dan tekanan darah diastolik melebihi 90 mmHg

Editor: Chintya Rantung
(thinkstockphotos)
Ilustrasi hipertensi. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan kondisi yang tidak boleh diabaikan.

Tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol dapat menyebabkan komplikasi penyakit jantung, stroke, hingga meningkatkan risiko kematian.

Hipertensi adalah saat hasil pembacaan tekanan darah sistolik melebihi 140 mmHg, dan tekanan darah diastolik melebihi 90 mmHg. Kondisi ini patut diwaspadai penderitanya.

Hipertensi.jpg
Hipertensi.jpg (TribunJateng.com)

Melansir Healthline, berikut 10 jenis makanan yang bisa membantu menurunkan darah tinggi.

1. Buah sitrus
Jenis buah-buahan sitrus seperti jeruk, jeruk bali, dan lemon bisa menurunkan tekanan darah jika dikonsumsi dengan benar.

Buah-buahan ini mengandung banyak vitamin, mineral, dan senyawa tanaman yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

2. Ikan berlemak
Ikan berlemak seperti salmon adalah sumber lemak omega 3 yang sangat baik, salah satu manfaatnya yaitu menyehatkan jantung.

Lemak ini dapat membantu mengurangi tingkat tekanan darah dengan mengurangi peradangan dan menurunkan kadar senyawa penyekat pembuluh darah yang disebut oxylipins.

Penelitian pada tahun 2018 mengungkap, mengonsumsi ikan berlemak kaya omega 3 dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Sementara sebuah penelitian yang dilakukan pada 2.036 orang sehat menemukan, bahwa mereka yang memiliki kadar lemak omega 3 tinggi dalam darah memiliki tekanan darah sistolik (SBP), dan tekanan darah diastolik (DBP) yang jauh lebih rendah daripada mereka yang tidak memilikinya.

Ilustrasi
Ilustrasi (NET)

3. Biji labu
Biji labu adalah sumber nutrisi yang penting untuk mengontrol tekanan darah. Kandungan di dalamnya termasuk magnesium, potasium, arginin, serta asam amino yang dibutuhkan untuk produksi oksida nitrat sebagai relaksasi pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah.

Minyak biji labu juga telah terbukti menjadi obat alami yang ampuh untuk hipertensi. Sebuah penelitian pada 23 wanita menemukan ,bahwa konsumsi suplemen dengan 3 gram minyak biji labu per hari selama 6 minggu menurunkan SBP secara signifikan.

4. Kacang-kacangan dan lentil
Kacang-kacangan dan lentil merupakan makanan yang baik untuk darah tinggi. Di dalamnya terkandung nutrisi seperti serat, magnesium, dan potasium yang membantu mengatur tekanan darah.

5. Buah beri
Buah beri sering dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan, termasuk potensi untuk mengurangi faktor risiko penyakit jantung, seperti tekanan darah tinggi.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved