Nasional

Libur Sekolah Diperpanjang, ASN dan Karyawan Swasta Diimbau WFH, Antisipasi Kemacetan Arus Balik

Imbauan tersebut disampaikan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, untuk mencegah terjadinya kemacetan saat arus balik 6-8 Mei 2022

Editor: Finneke Wolajan
KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO
Info Korban Meninggal Mudik Lebaran 2022 Turun 46 Persen, Ratusan Orang Berpulang 

TRIBUNMANADO.CO.ID - ASN dan karyawan swasta diimbau WFH dan libur sekolah diperpanjang, untuk mengantisipasi kemacetan

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan ini merupakan arahan dari Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) guna menghindari kepadatan lalu lintas selama puncak arus balik Lebaran 2022

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengimbau masyarakat untuk kembali sebelum atau setelah puncak arus balik yang diprediksi terjadi pada 6-8 Mei 2022.

"Mengimbau masyarakat untuk kembali lebih awal sebelum puncak arus balik di tanggal 6, 7, dan 8 Mei 2022 nanti.

Atau kalau cutinya bisa diperpanjang, sebaiknya pulang setelah tanggal 8 Mei,” ujar Budi dalam keterangannya, Selasa (3/5/2022), dikutip dari Kompas.com.

Sejalan dengan imbauan tersebut, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) menambah waktu libur siswa yang berada di Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten.

Sementara itu, Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo pun memberikan saran kepada instansi pemerintah dan swasta untuk menerapkan kebijakan bekerja dari rumah atau work from home (WFH) selama satu minggu.

Libur sekolah diperpanjang hingga 12 Mei

Plt Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Kemendikbud Ristek, Anang Ristanto mengatakan tambahan libur sekolah hingga 3 hari, penetapan ini bertujuan untuk mengantisipasi dan mengurai kemacetan.

Terkait hal ini, pihaknya pun telah berkoordinasi dengan pemerintah provinsi bersangkutan yakni Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten.

"Kemendikbud Ristek menindaklanjuti dengan berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten untuk memberikan fleksibilitas penambahan masa libur sekolah selama tiga hari hingga 12 Mei 2022," ujar dia saat dikonfirmasi, Kamis (5/5/2022).

Selanjutnya, pemerintah provinsi terkait juga telah berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota di wilayah masing-masing.

"Keputusan ini akan disosialisasikan oleh pemerintah daerha untuk diterapkan sebagaimana mestinya," ujar Anang.

Pekerja diimbau WFH selama satu minggu

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved