Berita Keuskupan Manado

Uskup Rolly Ungkap Pertemuan Terakhir dengan Pastor Manuel Poluan

Seusai dikunjungi Mgr Rolly dan Mgr Turang, Pastor Manuel Poluan pun meninggal dunia.

Dokumentasi Keuskupan Manado
Uskup Manado Mgr Rolly Untu MSC mengantar jenazah Pastor Manuel Poluan ke Tempat Pemakaman Seminari Kakaskasen, Tomohon, Rabu (27/4/2022). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Hampir satu jam seusai membesuk Pastor Manuel Poluan yang sakit, Uskup Manado Mgr Rolly Untu MSC mendapat kabar terbaru. Pastor Manuel Poluan sudah mengembuskan napas terakhir.

Peristiwa itu terjadi pada Senin (25/4/2022). Mgr Rolly datang melihat pastor yang biasa disapa Pastor Ace tersebut di Rumah Sakit Gunung Maria Tomohon sekitar pukul 15.00 Wita.

Peristiwa itu sangat bermakna bagi Uskup Rolly. Ia membagikan kenangan itu saat memimpin misa Requiem di Gereja Trinitas Paslaten, Kota Tomohon, Rabu (27/4/2022).

Kata dia, sebelum ibadah Vesper Mulia penahbisan Uskup Amboina Mgr Seno Ngutra di Katedral Amboina, Kota Ambon, Maluku, Jumat (22/4/2022), ia mendapat kabar bahwa Pastor Ace sudah meninggal.

Segera kabar itu ia sampaikan kepada para uskup yang turut menghadiri penahbisan Uskup Amboina.

"Uskup Turang (Uskup Agung Kupang Mgr Petrus Turang) bahkan sudah mengatakan Tuhan akan menyediakan pastor-pastor penganti," lanjut Mgr Rolly.

Tapi ternyata Pastor Ace belum meninggal. Uskup Rolly pun harus menyampaikan kembali hal itu kepada para uskup.

Uskup Agung Merauke Mgr Petrus C Mandagi MSC melihat ada pesan di balik itu.

"Dia (Pastor Ace) rupanya menunggu kamu. Itu kata Uskup Mandagi," kata Mgr Rolly.

Perkataan Uskup Mandagi benar. Seusai dikunjungi Mgr Rolly dan Mgr Turang bersama asisten pribadi uskup Diakon Ovan Adikila dan sopir Pak Obi, Pastor Manuel Poluan pun meninggal dunia.

Menurut Uskup Rolly, kematian Pastor Poluan mempersatukan kita.

Umat Paroki Hati Kudus Yesus Tomohon dan umat di mana Pastor Poluan pernah berkarya datang melayat. Itu karena sebuah alasan.

Suasana misa Requiem di Gereja Trinitas Paslaten Tomohon tempat jenazah Pastor Manuel Poluan disemayamkan.
Suasana misa Requiem di Gereja Trinitas Paslaten Tomohon tempat jenazah Pastor Manuel Poluan disemayamkan. (Dokumentasi Keuskupan Manado)

Menurut Mgr Rolly, Pastor Poluan ternyata mempersembahkan dirinya bukan hanya untuk dirinya sendiri. Itu terlihat dari riwayat hidupnya.

"Tuhan telah memberikan dia. Bukan hanya terlahir sebagai ciptaan tapi dipanggil untuk menjadi imam atau gembala," ujarnya.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved