Berita Sitaro

Kepala Dinkes Sitaro, dr Semuel Raule jadi Petugas Skrining Kesehatan Dalam Pelayanan Vaksinasi

Selain membuka pelayanan harian di setiap Puskesmas, pelaksanaan vaksinasi juga dilakukan Dinas Kesehatan (Dinkes) secara mobile.

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Rizali Posumah
Dinkes Sitaro
Kepala Dinkes Sitaro, dr Semuel Raule saat melakukan pemeriksaan kesehatan bagi masyarakat yang akan melakukan vaksinasi. 

Manado, TRIBUNMANADO.CO.ID - Program vaksinasi dalam rangka penanganan penyebaran Coronavirus Disease 2019 atau Covid-19 terus digenjot Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro).

Selain membuka pelayanan harian di setiap Puskesmas, pelaksanaan vaksinasi juga dilakukan Dinas Kesehatan (Dinkes) secara mobile.

Seperti yang berlangsung, Rabu (9/3/2022) hari ini di depan kantor Dinas Kesehatan Sitaro di kompleks kantor bupati di Kelurahan Ondong Kecamatan Siau Barat (Sibar).

Di mana dalam kegiatan tersebut, pihak Dinkes Sitaro membuka layanan vaksinasi bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) serta masyarakat umum usia 6 tahun ke atas untuk dosis satu, dosis dua serta dosis tiga atau booster.

Menariknya, dalam pelayanan vaksinasi ini, Kepala Dinkes Sitaro, dr Semuel Raule terlibat langsung sebagai petugas pemeriksa kesehatan atau skrining bagi calon penerima suntikan vaksin.

"Karena ini memang bagian dari tugas dan tanggung jawab saya sebagai petugas kesehatan," ungkap Raule saat ditemui tribunmanado.co.id di sela-sela kegiatan vaksinasi.

Tak hanya melibatkan diri sebagai tenaga skrining, dalam beberapa kesempatan pelaksanaan vaksinasi, Raule juga pernah mengambil peran sebagai juru suntik.

"Secara struktural, memang saya sebagai pimpinan di Dinas Kesehatan. Tapi kan dari sisi profesi, ini juga bagian dari tugas dan tanggung jawab saya," ujar pejabat bersahaja itu.

Dia pun tak hentinya mengimbau masyarakat yang masuk sebagai sasaran vaksinasi untuk mengikuti program nasional ini guna mencegah dampak negatif dari penyebaran virus corona.

"Hanya ada dua cara untuk mencegah dampak buruk virus corona. Pertama disiplin menerapkan protokol kesehatan dan kedua percepat pelaksanaan vaksinasi," ungkap Raule.

Sesuai rencana, layanan serupa juga akan digelar Dinas Kesehatan Kabupaten Sitaro di wilayah Siau Timur tepatnya di Terminal Ulu Siau pada Kamis 10 Maret 2022 besok.

Berdasarkan data yang diterima wartawan, vaksinasi di Kabupaten Sitaro per 7 Maret 2022 telah mencapai 78,8 persen atau 46.944 untuk dosis satu, dosis dua 60,3 persen atau 35.489 serta 6,5 persen untuk dosis tiga.

Tentang Sitaro

Sitaro adalah singkatan dari Siau Tagulandang Biaro.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved