Breaking News:

Berita Manado

CEO Rumah Sakit Siloam Manado Katakan Pentingnya Sektor Pendidikan untuk Pengembangan SDM

Peresmian ini dilakukan langsung oleh Associate Provost of Innovation & New Programs UPH Eric Jobiliong.

Penulis: Isvara Savitri | Editor: Rizali Posumah
tribunmanado.co.id/Isvara Savitri
Peresmian Learning Hub Universitas Pelita Harapan (UPH) di Hotel Aryaduta, Manado, Sulut, Jumat (14/1/2022). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Demi meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), Universitas Pelita Harapan (UPH) meluncurkan Learning Hub di Manado, Sulawesi Utara.

Peresmian ini dilakukan langsung oleh Associate Provost of Innovation & New Programs UPH Eric Jobiliong, Executive Director Yayasan Pendidikan Pelita Harapan (YPPH) Stephanie Riady.

Dan Wakil Gubernur (Wagub) Sulut Steven O E Kandouw di Hotel Aryaduta Manado, Jumat (14/1/2022).

Selain peresmian, UPH juga menghadirkan seminar bertema "Mempersiapkan Sumber Daya Manusia di Dunia Kerja dalam Menghadapi Peluang dan Tantangan Era Revolusi Industri 4.0"

Dibawakan langsung oleh Chief Executive Officer (CEO) Rumah Sakit Siloam Manado Prof Herman Karamoy.

Dalam seminarnya, Prof Herman mengatakan ada beberapa hal penting yang menjadi penentu perkembangan kualitas SDM, yaitu sektor pendidikan, kesehatan, dan kewirausahaan.

Hal inilah yang menjadikan kehadiran Learning Hub UPH di Manado penting karena UPH menyediakan kegiatan sertifikasi, short course, training dan kegiatan pembelajaran lainnya.

Kehadiran Learning Hub UPH di Manado diharapkan mampu meningkatkan kompetensi, keahlian, dan kemampuan individu agar bisa bersaing di tengah industri 4.0.

"Beberapa hal yang menjadi tantangan pemerintah dan dunia pendidikan dalam mempersiapkan SDM di dunia kerja adalah bagaimana SDM mampu menggerakkan dan memanfaatkan teknologi yang ada dan mempersiapkan serta memetakan angkatan kerja dari lulusan pendidikan," jelas Prof Herman.

Agar bisa bersaing di era industri 4.0, SDM harus memiliki modal berupa keterampilan, kelincahan, dan kemampuan bekerjasama.

Selain mengikuti pelatihan tambahan terkait keterampilan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan pemerintah dan pihak-pihak terkait.

"Misalnya memberikan beasiswa bagi anak-anak muda di Indonesia agar bisa belajar ke luar negeri agar menghasilkan SDM yang kompetitif," tambah Prof Herman.

Selain itu, tenaga pendidik seperti dosen muda juga sebaiknya diberi kesempatan magang di institusi yang lebih mapan dan dibina oleh pendidik senior dalam negeri.

Lalu Prof Herman juga berharap tenaga pendidik dan aparatur sipil negara (ASN) dilibatkan dalam program terapan yang dapat meningkatkan soft skills dan penguasaan teknis di industri-industri terbaik dunia. (*)

Rio Dondokambey Gaungkan Lagi Program Mari Jo Bakobong, Ajak Milenial Kerja di Sektor Pertanian

Inspektorat Tomohon Sebut Tindaklanjut Penyelesaian TGR Sudah Capai 79,38 Persen

CHORD Gitar dan Lirik Lagu Bila - Ardhito Pramono, Bersandar Disana

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved