Breaking News:

Berita Sitaro

Perbaikan Kabel Fiber Optik Link Tahuna-Siau Diprediksi Rampung 26 November 2021

Proses pekerjaan jaringan fiber optik jalur Kabupaten Sitaro atau link Tahuna-Siau telah berlanjut dan diprediksi akan selesai pada 26 November 2021.

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Rizali Posumah
tribunmanado.co.id/Octavian Hermanses
Plt Kepala Dinas Kominfo Sitaro, Gandawari Mulalinda. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sitaro kembali menerima laporan dari PT Len Telekomunikasi Indonesia.

Laporan ini terkait perkembangan pekerjaan perbaikan kabel fiber optik bawah laut di wilayah perairan Kepulauan Sangihe.

Dari laporan tersebut diketahui, proses pekerjaan jaringan fiber optik jalur Kabupaten Sitaro atau link Tahuna-Siau telah berlanjut dan diprediksi akan selesai pada 26 November 2021 mendatang.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kominfo Sitaro, Gandawari Mulalinda mengatakan, proses perbaikan mulai berlanjut pasca optimalisasi peralatan gelar kapal telah rampung di lakukan di pelabuhan Tahuna.

"Karena sebelumnya, ada peralatan kapal yang mengalami kerusakan karena diduga menarik sampah dan tali rumpon," kata Mulalinda, melalui keterangan tertulisnya di grup media perpesan Whatsapp, Senin (15/11/2021).

Selain itu, berlanjutnya pekerjaan perbaikan setelag pihak kapal memperoleh ijin olah gerak dari Kantor Kesyabandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tahuna untuk kembali ke titik putus kilometer 43.

"Dari serangkaian pekerjaan yang masih akan dilakukan, diperkirakan target penyelesaian perbaikan sekitar tanggal 26 November, dari sebelumnya diinfokan 16 November 2021," beber Mulalinda.

Molornya target penyelesaian pekerjaan perbaikan itu dikarenakan berbagai hambatan yang ditemui pihak pekerja, semisal adanya keberadaan rumpon yang terletak di sekitar area operasi restorasi.

Beruntung, sambung Mulalinda, persoalan tersebut telah teatasi setelah dilakukan mediasi antara pihak pekerja dengan pemilik rumpon yang melibatkan KSOP Tahuna serta Intel Kodim 1301/Sangihe.

"Dari hasil mediasi disepakati beberapa hal, antara lain pekerjaan tetap jalan dan pemilik rompon sudah bersedia untuk pelepasan atau pemindahan rompon," ujar Mulalinda.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved