Breaking News:

Opini

Hari Pahlawan: Sejarah 10 November dan Spirit Kepahlawanan

“Hari Kemudian dari pada tanah kita dan rakyat kita terletak dalam hari sekarang, hari sekarang itu ialah kamu, hari Generasi Muda!"

Editor: Ventrico Nonutu
Dok Pribadi Jumiarti Ketang Rejo
Jumiarti Ketang Rejo, Wakil Sekreteris Jenderal Internal DPP GMNI 

Oleh: Jumiarti Ketang Rejo

Wakil Sekretaris Jenderal Internal

Dewan Pimpinan Pusat

Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia 2019-2022

“Hari Kemudian dari pada tanah kita dan rakyat kita terletak dalam hari sekarang, hari sekarang itu ialah kamu, hari Generasi Muda!” – dr. Tjipto Mangoenkoesoemo

TRIBUNMANADO.CO.ID - Hari Pahlawan kerap kali diperingati pada 10 November, hal ini sebagai alarm untuk bangsa Indonesia bahwa sejarah telah mencatat keberanian dan pengorbanan yang ditorehkan para pahlawan untuk kemerdekaan bangsa ini.

Dalam sepak terjang menuju kemerdekaan Indonesia tokoh-tokoh seperti Jenderal Soedirman, Ki Hadjar Dewantara, Kapitan Pattimura, Bung Tomo, R. A. Kartini, dan Sukarno adalah beberapa dari para pejuang kemerdekaan yang telah mengantarkan Indonesia menuju kemerdekaan, mereka juga menonjol dalam memori masyarakat dengan perjuangannya masing-masing.

Sejarah Hari Pahlawan

Masih banyak yang belum mengetahui kenapa Hari Pahlawan diperingati setiap 10 November. Sebenarnya penting bagi kita untuk mengetahui setiap peristiwa dalam sejarah Indonesia, salah satunya adalah pertempuran di Surabaya, Jawa Timur.

Pada 10 November 1945 terjadi pertempuran besar pasca kemerdekaan yang disebut sebagai pertempuran Surabaya, dimana pada 25 Oktober 1945, pasukan sekutu, Inggris dan Belanda menginjakkan kakinya di Surabaya setelah berhasil memenangkan Perang Asia Timur Raya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved