Breaking News:

Berita Sitaro

Warga Sitaro Diminta Waspadai Praktek Pinjaman Online Ilegal

Para pengelola jasa pinjol ilegal kerap menawarkan beragam hal untuk menarik minat masyarakat menggunakan jasa mereka.

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Rizali Posumah
Istimewa.
Kasat Reskrim Polres Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Iptu Revianto Anriz 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Tawaran pinjaman online (pinjol) ilegal saat ini semakin menggiurkan.

Berbekal promosi lewat media sosial, para pengelola jasa pinjol ilegal ini kerap menawarkan beragam hal untuk menarik minat masyarakat menggunakan jasa mereka.

Bahkan dalam prakteknya, tak jarang pinjol ilegal akan mencantumkan izin palsu atas nama Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Oleh karena itu, masyarakat pun diminta mewaspadai praktik penawaran pinjol yang seolah-olah legal, termasuk dengan mencatut nama OJK.

"Sebaiknya lebih selektiflah dalam menggunakan jasa pinjaman online. Jangan cepat tergiur dengan tawaran-tawaran menarik yang diberikan," kata Kasat Reskrim Polres Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Iptu Revianto Anriz, saat dimintai tanggapannya, Senin (18/10/2021).

Apabila dalam kondisi mendesak dan terpaksa harus menggunakan jasa pinjaman online, masyarakat diminta untuk mengecek keabsahan dari pinjol tersebut guna menghindari adanya penipuan yang bisa berujung kerugian.

"Apakah pinjol ini terdaftar di OJK atau tidak. Semuanya harus dicek dengan baik agar kita tidak tertipu," ujar Anriz.

Sejauh ini, sambungnya, pihak Polres Kepulauan Sitaro belum pernah menerima laporan masyarakat yang merasa tertipu dengan adanya praktek pinjol ilegal.

"Untuk itu, kami sebagai aparat penegak hukum tetap menghimbau kepada masyarakat agar lebih waspada. Namun jika memang ada yang merasa dirugikan dari praktek pinjol ini, silahkan datang melapor," kuncinya.

Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat bersama Ditreskrimsus Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menggerebek kantor pinjol yang mengoperasikan 23 aplikasi.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved