Breaking News:

Berita Sulut

Terkait Banjir di Mitra, Pengamat Politik Sebut Ada Masalah Koordinasi Antar Instansi Vertikal

Dalam video viral di Medsos, Bupati yang dicintai masyarakat Mitra menuduh Kementerian terkait tidak memperhatikan pembangunan bendungan di Mitra.

Penulis: Majer Lumantow | Editor: Rizali Posumah
TRIBUNMANADO/Kharisma
Kabupaten Mitra setelah banjir bandang. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Masalah banjir yang terjadi di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), Sulut, membuat Bupati Mitra James Sumendap geram dengan. 

Dalam video yang sempat viral di Medsos, Bupati yang dicintai masyarakat Mitra ini pun menuduh Kementerian terkait yang tidak memperhatikan pembangunan bendungan dan jembatan nasional yang ada di Kabupaten Mitra

Hal tersebut, menjadi penyebab terjadinya luapan air dan banjir di Desa Pangu, Kabupaten Mitra beberapa waktu lalu.

Menanggapi hal ini, Pengamat Politik dan Pemerintahan Sulut, Taufik Tumbelaka mengatakan agak memprihatinkan jika terkesan harus ada masalah dan "permintaan khusus" dari Gubernur. 

Baru instansi vertikal Kementerian seperti Balai Jalan dan Balai Sungai terjun langsung dan memberikan perhatian lebih atas masalah banjir yang terjadi di Kabupaten Mitra.

"Hal ini kemungkinan karena ada kelemahan dalam hal penentuan skala prioritas yang berakibat terjadi kelemahan dalam hal perencanaan," jelas Tumbelaka kepada Tribun Manado.

Menurut Tumbelaka, seharusnya "suara" dari Kepala Daerah seperti Bupati / Walikota bisa mendapat perhatian lebih dikarenakan sebagai "penguasa" wilayah biasanya lebih memahami kebutuhan daerah.

"Kedepan ada baiknya instansi vertikal Kementrian memperkuat komunikasi dan koordinasi dengan para Bupati / Walikota sehingga tidak perlu terjadi samapi Gubernur harus turun tangan guna bersuara," tegas Tumbelaka.

Dirinya juga berharap, hal ini menjadi pijakan awal untuk nantinya pembangunan seperti jalan, jembatan dan lalinnya yang menjadi diluar wewenang Gubernur dan Bupati / Walikota mendapat perhatian lebih. (Mjr)

Bupati Minahasa Keluarkan Surat Edaran Pelaksanaan Pengucapan Syukur

Azis Syamsuddin Sempat Takut-takuti Penyidik KPK Sedang Isoman, Hasil Tes Swab Negatif

Mantos Beroperasi hingga Pukul 22.00 Wita, Masuk XXI Harus Tunjukkan Bukti Vaksinasi

Wali Kota Tomohon Caroll Senduk Serahkan Sertifikat PTSL di Upacara Hari Agraria dan Tata Ruang

Ingat Edwin Abeng? Suami Pertama Ririn Ekawati, Kini Punya Istri Cantik Tak Kalah Dengan Mantan

Chord Gitar Try - Rick Astley

Baca juga: Pembuatan Saluran di Bitung Buat Macet, Ini Penjelasan Balai Pelaksana Jalan Nasional

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved