Breaking News:

Berita Sitaro

Operasi Restorasi Fiber Optik, PT Telkom Backup Jaringan Internet di Sitaro

Operasi restorasi atau perbaikan terencana kabel fiber optik bawah laut link Ondong Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro dan Tahuna

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Chintya Rantung
Ist/Dokumentasi PT Len Telekomunikasi Indonesia
Kapal Pasific Guardian yang akan digunakan dalam operasi restorasi kabel fiber optik link Ondong-Tahuna. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Operasi restorasi atau perbaikan terencana kabel fiber optik bawah laut link Ondong Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro dan Tahuna Kabupaten Kepulauan Sangihe rencana akan dimulai, Sabtu 25 September 2021 besok.

Perbaikan ini dijadwalkan berlangsung selama tujuh hari kedepan, atau berakhir pada 2 Oktober 2021.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Kepulauan Sitaro, Jacson Baginda memastikan, pemerintah daerah telah melakukan sejumlah langkah bersama pihak-pihak terkait guna pengoperasian layanan telekomunikasi di Kabupaten Sitaro, khususnya internet selama berlangsungnya operasi restorasi.

"Hal ini (operasi restorasi) telah kita bahas bersama dengan pihak-pihak terkait seperti PT Len Telekomunikasi Indonesia, PT Telkom serta PT Infotek Global Network jauh hari sebelum diadakannya perbaikan," kata Baginda, Jumat (24/9/2021).

Dari pembicaraan tersebut, diperoleh beberapa solusi, di antaranya backup jaringan internet oleh PT Telkom selama jalannya operasi restorasi.

"Sejak beberapa waktu lalu, pihak Telkom sudah membackup jaringan telekomunikasi di Sitaro dengan sistem radio microwave. Jadi jaringan internet akan tetap ada, tapi kualitasnya yang menurun," lanjut Baginda.

Senada dijelaskan Kepala Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jaringan PT. Len Telekomunikasi Indonesia, Ilham Nugraha. Menurut Ilham, jauh hari sebelum melakukan perbaikan kabel fiber optik, koordinasi dengan pihak-pihak terkait telah dilakukan untuk mengantisipasi ketersediaan layanan telekomunikasi, termasuk internet di wilayah Sitaro.

"Sejak beberapa waktu lalu, pihak Telkom sudah membackup layanan telekomunikasi di Kabupaten Sitaro dengan memasang sistem radio microwave. Makanya selama operasi restorasi nanti, jaringan telekomunikasi, khususnya internet akan tetap ada," kata Ilham beberapa waktu lalu.

Dijelaskan, pelaksanaan operasi restorasi sudah sangat mendesak untuk dilakukan guna sebagai langkah mitigasi sekaligus meminimalisir jangkah waktu degradasi layanan di Kabupaten Kepulauan Sitaro.

Dimana kata dia, saat ini telah terjadi kerusakan pada kabel fiber optik bawah laut di Kabupaten Kepulauan Sitaro, tepatnya di titik 16 kilometer dari Kota Ondong.

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved