Breaking News:

Penanganan Covid

Segini Harga Vaksin Merah Putih yang Mulai Disuntikkan Pada Juli 2022

Direktur Utama PT Biotis Pharmaceuticals Indonesia, FX Sudirman memperkirakan vaksin Merah Putih sudah bisa diproduksi pada 2022.

Editor: Rhendi Umar
Do.Shutterstock
Ilustrasi vaksin Covid-19. Segini Harga Vaksin Merah Putih yang Mulai Disuntikkan Pada Juli 2022 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Vaksin Covid-19 buatan dalam negeri yakni vaksin Merah Putih akan mulai diproduksi pada kisaran bulan April atau Mei tahun 2022.

Pembuatan vaksin tersebut dilakukan untuk mengurangi ketergantungan vaksin impor yang selama ini dilakukan.

Rencananya, vaksin Merah Putih tersebut akan diproduksi sebanyak 500 juta dosis.

Direktur Utama PT Biotis Pharmaceuticals Indonesia, FX Sudirman memperkirakan vaksin Merah Putih sudah bisa diproduksi pada 2022.

Ilustrasi pengembangan <a href='https://manado.tribunnews.com/tag/vaksin' title='vaksin'>vaksin</a> Covid-19 di Indonesia. Vaksin <a href='https://manado.tribunnews.com/tag/merah-putih' title='Merah Putih'>Merah Putih</a> masih dalam penelitian.

Dengan demikian, vaksin besutan dalam negeri ini bisa disuntikkan kepada masyarakat sekitar Juli 2022.

Hal ini ia sampaikan dalam rapat dengar pendapat (RDP) kepada jajaran Komisi VII DPR RI bersama dengan Kementerian Perindustrian, Rabu (15/9/2021).

"Hanya satu tujuannya adalah bagaimana kami bisa melakukan produksi massal vaksin Merah Putih untuk memenuhi kebutuhan vaksin Covid-19 bagi masyarakat Indonesia mulai tahun depan. Kami perkirakan mulai semester kedua kami bisa berproduksi," kata Sudirman dalam rapat.

Ia menjelaskan bahwa vaksin Merah Putih yang dikembangkan di Biotis adalah whole genome inactivated covid vaccine kerja sama dengan Universitas Airlangga, juga didukung oleh RSUD Dr Soetomo Surabaya.

Sementara Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) terlibat dalam fase nonklinik atau preklinik, kemudian Kementerian Kesehatan dalam hal ini Balitbangkes juga turut membantu uji klinis.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved