Breaking News:

Penanganan Covid

Kasus Positif Covid-19 di Sulut Menurun, Pengamat Epidemiologi: 3M Tetap Harus Dilakukan

Menanggapi mulai menurunnya kasus positif Covid-19 di Sulut, Pengamat Epidemiologi Jonesius Manoppo mengatakan hal ini tentu kabar bahagia

Penulis: Majer Lumantow | Editor: Chintya Rantung
andreas ruauw/tribun manado
Vaksinasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Menanggapi mulai menurunnya kasus positif Covid-19 di Sulut, Pengamat Epidemiologi Jonesius Manoppo mengatakan hal ini tentu kabar bahagia untuk semua orang, pertanda bahwa usaha yang dilakukan untuk menekan laju penularan menunjukkan hasil yang baik.

Menurutnya, upaya yang ada saat ini sudah sangat maksimal untuk menjaga tren penurunan.

"Virus sudah ada di sekitar kita, pemerintah mulai mencanangkan bahwa penyakit akibat virus covid-19 ini akan masuk kategori endemi, artinya sudah menjadi bagian dari kehidupan kita dan akan selalu ada, seperti halnya penyakit demam berdarah," jelas Manoppo kepada Tribun Manado.

Namun, Manoppo menegaskan bahwa standar prosedur pelayanan kesehatan yang selama ini dilakukan di fasilitas kesehatan harus terus dilakukan sampai dinyatakan kita sudah mencapai herd immunity.

"Berdasarkan data tren penurunan yang baik ini sudah bisa diwacanakan pelaksanaan tatap muka untuk mahasiswa dan siswa SMA dan SMP yg sudah divaksinasi dua dosis," paparnya.

Hanya, kata Manoppo, tentunya masih dengan menerapkan protokol 3M yang ketat.

"Saat ini kita sudah pernah berada di puncak penularan, dan fasilitas kesehatan kita ternyata mampu untuk menangani gelombang tersebut dengan baik, artinya apabila terjadi lagi gelombang serupa maka kita telah memiliki pengalaman dan fasilitas yang memadai," ungkap Dosen Epidemiologi Unima Ini.

Selain itu, Manoppo menambahkan, terkait protokol kesehatan di tempat ibadah dan ruang pertemuan memang sudah mulai bisa ditingkatkan kapasitasnya dibanding PPKM level 4.

"Namun bukan berarti sudah bisa digunakan untuk kapasitas penuh apalagi dengan protokol yang longgar. Dan tentu saja program vaksinasi tetap terus dipertahankan," tandas Manoppo. (MJR)

Baca juga: Penanganan Covid-19 di Sitaro Masuk Program Prioritas Ranperda Perubahan

Baca juga: Polisi Akhirnya Berhasil Tangkap Pance Setelah 7 Tahun Buron

Baca juga: Kedapatan Membawa Sajam, Polisi Amankan Pria Asal Dendengan Dalam Manado

 

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved