Breaking News:

Penanganan Covid-19 di Sitaro Masuk Program Prioritas Ranperda Perubahan

Dampak pandemi Covid-19 yang terjadi sejak tahun lalu amat terasa dalam berbagai aspek kehidupan

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Charles Komaling
Pemkab Sitaro
Bupati Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) Evangelian Sasingen. 

 TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO  - Akhir pekan lalu, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) bersama DPRD telah menyepakati Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Perubahan APBD Tahun Anggaran 2021.

Hal itu ditandai dengan penandatanganan persetujuan bersama oleh Bupati Evangelian Sasingen dan pimpinan DPRD dalam rapat paripurna. Kesempatan itu, Sasingen mengungkapkan hal-hal mendasar sehingga diperlukannya perubahan APBD Tahun Anggaran 2021.

"Adanya pergeseran tuntutan kebutuhan dalam upaya pencapaian target kinerja dan pemenuhan kebutuhan dalam rangka penanganan penanggulangan penyebaran Covid-19," ungkap bupati.

Selain itu, dampak pandemi Covid-19 yang terjadi sejak tahun lalu amat terasa dalam berbagai aspek kehidupan termasuk perputaran ekonomi. Untuk itu, pemerintah daerah memandang perlu memprioritaskan persoalan pemulihan ekonomi masyarakat.

"Program pemulihan ekonomi masyarakat masih menjadi prioritas kita pada akhir tahun hingga tahun 2022 mendatang," ujar Sasingen.

Persoalan ini juga disentil bupati ketika menyampaikan penjelasan atas pengajuan Ranperda Perubahan APBD Tahun Anggaran 2021. Menurut bupati, untuk menangani masalah pandemi ini, diperlukan perhatian serius pemerintah daerah, termasukan pengalokasian anggaran yang memadai.

"Karenanya alokasi belanja daerah pada perubahan anggaran ini masih diarahkan pada program dan kegiatan penguatan penanganan masalah kesehatan, jaringan pengaman sosial serta pemulihan ekonomis masyarakat," terang bupati.

Perhatian pemerintah daerah terhadap masalah penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi ini menuai apresiasi pihak DPRD Sitaro. Melalui pandangan umum fraksi-fraksi, para Juru Bicara menyatakan dukungan terhadap rencana program kegiatan terkait penangan Covid-19 dan pemulihan ekonomi pada perubahan anggaran.

"Kami mengapresiasi kinerja pemerintah daerah yang boleh mengalokasikan anggaran bagi penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi masyarakat," ungkap Juru Bicara sekaligus Ketua Fraksi Partai Perindo, Leonard Laserto.

Hal serupa juga dinyatakan Juru Bicara sekaligus Ketua Fraksi Partai Golkar, Shelfis Handri Pontoh dan Juru Bicara Fraksi PDI Perjuangan, Niczem Wengen.

"Begitu besar perhatian pemerintah daerah yang telah mengalokasikan anggaran cukup besar untuk penanganan kesehatan dan penguatan perlindungan sosial hingga pemulihan ekonomi," ujar Wengen. (*)

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved