Breaking News:

AMSI

Lawan Mis-informasi, AMSI - Google News Initiative Gelar Training Literasi Berita di Sulut

Selain Sulut, sembilan wilayah penyelenggaraan Training Literasi Berita adalah Kalimantan Barat, Aceh, Maluku dan Maluku Utara.

Penulis: Jumadi Mappanganro | Editor: Jumadi Mappanganro
Dokumen AMSI
Logo Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Sulawesi Utara (Sulut) terpilih sebagai satu dari 10 provinsi di Indonesia yang akan menjadi tempat pelaksanaan Training Literasi Berita (News Literacy).

Kegiatan ini diperuntukkan bagi publik, mahasiswa, akademisi, dan jurnalis.

Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) dengan dukungan Google News Initiative dan Cek Fakta bertindak sebagai pelaksana acara ini.

Selain Sulut, sembilan wilayah penyelenggaraan Training Literasi Berita adalah Kalimantan Barat, Aceh, Maluku dan Maluku Utara.

Lainnya adalah Sumatera Barat, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jawa Barat, Jawa Tengah, Papua hingga Papua Barat.

Wakil Ketua II AMSI Irfan Djunaid mengatakan, pelatihan ini diselenggarakan dengan tujuan para peserta dapat mengidentifikasi informasi berdasarkan fakta dan yang tidak sesuai fakta.

“Saat ini kondisi memang tidak mudah karena banyaknya berita atau informasi yang bercampur (fakta dan bukan fakta) dengan tujuan tertentu,” kata Irfan pada sambutan pembukaan training perdana literasi berita yang dimulai di Kalimantan Barat, Rabu (1/9/2021).

Baca juga: Menunggu dan Menagih Janji Jokowi soal Perlindungan Data Pribadi, RUU PDP Masih Buntu

Meski demikian, diharapkan peserta dari pelatihan daring ini, ke depannya dapat terlibat dalam gerakan melawan informasi bohong (hoaks).

“Kemampuan memverifikasi informasi yang benar sangat bermanfaat bagi masyarakat,” kata Irfan dalam rilis yang diterima Tribun Manado beberapa menit lalu.

Karena itu diharapkan peserta dapat terlibat menahan laju sebaran hoaks atau informasi bohong, yang saat ini dampaknya cukup besar.

"Juga merusak sendi-sendi sosial. Bahkan mempengaruhi kebijakan,” tambah seperti dikutip dari rilis.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved