Breaking News:

Prakiraan Cuaca

Peringatan Dini BMKG Besok Jumat 6 Agustus 2021: Waspada 20 Wilayah Berpotensi Alami Cuaca Ekstrem

Adanya daerah konvergensi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dn di sepanjang daerah konvergen

Editor: Gryfid Talumedun
Dokumen TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian
Peringatan Dini BMKG Besok Jumat 6 Agustus 2021: Waspada 20 Wilayah Berpotensi Alami Cuaca Ekstrem 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Simak info BMKG memberikan peringatan dini cuaca ekstrem yang terjadi besok, Jumat (6/8/2021).

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah merilis peringatan dini cuaca ekstrem di Indonesia.

Diperkirakan, sejumlah wilayah akan diguyur hujan dengan intensitas lebat hingga disertai angin kencang dan kilat/petir.

Info Cuaca <a href='https://manado.tribunnews.com/tag/bmkg' title='BMKG'>BMKG</a> Jumat, 6 Agustus 2021: Waspada 23 Wilayah Ini Berpotensi Alami Cuaca Ekstrem

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca di Indonesia untuk besok, Jumat (6/8/2021).

Terpantau sejumlah kabupaten/kota di 20 provinsi berpotensi mengalami cuaca ekstrem, yakni hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang.

Sesuai informasi pada laman web.meteo.bmkg.go.id, Deputi Bidang Meteorologi, Kamis (5/8/2021), menyampaikan adanya Sirkulasi Siklonik terpantau di Samudera Hindia Barat Sumatera dan Samudera Pasifik Utara - Timur Laut Papua.

Kisah Greysia Polii Kecil, Main Bulutangkis Pakai Kardus Karena Keterbatasan Ekonomi, Kini Bersinar

Kondisi ini dapat membentuk daerah pertemuan angin (konfluensi) yang terpantau di perairan Barat Sumatera dan di perairan Utara Papua serta daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang di Papua.

Selain itu, daerah konvergensi lainnya juga terpantau memanjang dari Aceh, Sumatera Utara
hingga Selat Malaka, di Sumatera Utara, di Laut Natuna, di NTT bagian Selatan, di Kalimantan Selatan, di Kalimantan Utara, dari Sulawesi Tenggara hingga Sulawesi Tengah, di perairan Utara Papua Barat dan di Papua.

Adanya daerah konvergensi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved