Breaking News:

Surat Hasil Swab Palsu

Palsukan Hasil Swab PCR, Oknum ASN di Lingkungan Pemprov Sulut Ditetapkan Tersangka

Kapolres Bitung AKBP Indrapramana  kembali menyampaikan perkembangan informasi terkait pengungkapan kasus dugaan pemalsuan surat hasil Swab PCR

Penulis: Christian_Wayongkere | Editor: David_Kusuma
Tribun manado / Christian Wayongkere
Oknum ASN Pemprov Sulut jadi tersangka 

Manado, TRIBUNMANADO.CO.ID - Kapolres Bitung AKBP Indrapramana  kembali menyampaikan perkembangan informasi terkait pengungkapan kasus dugaan pemalsuan surat hasil Swab PCR.

Pada kasus ini polisi Polres Bitung, telah menetapkan seorang laki-laki yang tercacat sebagai aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemprov Sulut sebagai tersangka.

"Ia, dia sudah kami tetapkan sebagai tersangka kasus pemalsuan surat hasil Swab PCR. Hasil penyelidikan yang lainnya hanya perantara dan orang yang hendak pakai surat itu mengetahui surat yang dibuat tersangka benar padahal palsu," kata Kapolres Bitung melalui AKP Frelly Sumampouw SE Kasat Reskrim Polres Bitung, Jumat (30/7/2021).

Laki-laki HES alias Hence (41), tersangka kasus pemalsuan surat hasil swab PCR diketahui sebagai ASN di Biro Administrasi Pimpinan (Adpim) setda Provinsi Sulut.

Baca juga: Padahal Meninggal Karena Covid-19 Bupati Yasin Payapo Tak Dimakamkan Sesuai Prokes, Keluarga Menolak

Keseharian berutgas di VIP Bandara Sam Ratulangi Manado.

Lanjut Kasat yang dikenaldikenal mampu mengungkap kasus lewat IT dan merupakan pentolan Timsus Maleo Polda Sulut ini, pada kasus ini pihaknya mengindikasi terjadi di tempat lainnya, selain di Pelabuhan Samudera Bitung.

Hal itu bisa saja terjadi, mengingat penggunaan surat keterangan hasil rapid antigen dan swab PCR menjadi syarat utama pelaku perjalanan baik di pelabuhan maupun di bandara.

Dengan adanya kejadian ini, membuat para pihak yang terkait dengan pemeriksaan seperti Kepolisian TNI, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) makin perketat dan jeli ketika melakukan pemeriksaan dan pengecekan di lapangan.

"Jadi untuk surat hasil pemeriksaan rapid antigen dan swab PCR, sudah dilengkapi dengan barcode dari laboratorium yang memeriksa dan mengeluarkan hasil," tambahnya.

Terpisah Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bitung dr Pingkan Pijoh menjelaskan, kasus ini bisa terkuat karena peran serta seluruh petugas di lapangan dalam melaksankan tugas masing-masing.

Baca juga: Ingat si Ronaldowati Nona Berlian? Lama Tak Terekspos, Kini Sudah Dewasa dan Cantik, Ini Kabarnya

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved