Breaking News:

Berita Bolmong

Soal Tapal Batas Bolmong-Bolsel, Gubernur Sulut Segera Pertemukan Yasti dan Iskandar 

Untuk kesekian kalinya, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) akan turun untuk memfasilitasi problem dua kabupaten.

Penulis: Nielton Durado | Editor: Rizali Posumah
Diskominfo Bolmong
Dalam waktu dekat Gubernur Sulut Olly Dondokambey akan turun langsung sebagai fasilitator terkait tapat batas Bolmong-Bolsel. Gubernur akan memanggil Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow dan Bupati Bolsel Iskandar Kamaru. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado --- Persoalan tapal batas antara Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) dan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) memasuki babak baru. 

Untuk kesekian kalinya, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) akan turun untuk memfasilitasi problem dua kabupaten ini.

Padahal sebelumnya, langkah tersebut telah dilakukan lebih dari sekali.

Usai Pemkab Bolmong memenangkan Judicial Review oleh Mahkamah Agung (MA) dengan nomor putusan 75 P/HUM/2018 t, tentang pembatalan Permendagri Nomor 40 Tahun 2016 tentang Batas Daerah Kabupaten Bolmong dengan Kabupaten Bolsel.

Menurut Asisten Bidang Pemerintahan Setda Bolmong, Deker Rompas, dalam waktu dekat ini, Gubernur Sulut Olly Dondokambey akan turun langsung sebagai fasilitator kedua daerah dengan mengundang Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow dan Bupati Bolsel Iskandar Kamaru.

“Pak Gubernur yang akan mengundang Bupati Bolmong dan Bolsel,”ujar Deker, saat dihubungi, Selasa (13/7/2021). 

Menyangkut kapan waktu pertemuan tersebut, Sebut Deker, pihaknya masih menunggu jadwal dari Biro Hukum Pemprov Sulut. 

“Tinggal tunggu informasi dari Biro Hukum,”ucap dia.

Menurut Deker, perubahan Permendagri Nomor 40 Tahun 2016 harus mengacu juga pada Permendagri 141  Tahun 2017 salah satu pasal tapal batas itu harus mengacu pada kesepakatan-kesepakatan sebelum pemekaran. 

“Jadi harus menyesuaikan kesepakatan sesuai history sebelum pemekaran, sehingga amanat Permendagri 141 terlaksana sesuai ketentuan,”ucap Deker.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved