Breaking News:

Tribun Baku Dapa

Dr Taufik Pasiak: Mental dan Spiritualitas Sehat Kunci Keberhasilan Hadapi Covid-19

Hubungan sosial dan emosional dengan keluarga dan sesama yang baik serta ada rasa sepenanggungan berperan penting pada proses penyembuhan orang sakit.

Penulis: Fernando_Lumowa | Editor: maximus conterius
Tribun Manado/Ronald Moha
Tampilan layar diskusi daring Tribun Baku Dapa Spesial Kawanua bersama Dr dr Taufik Pasiak MKes MPdI, Dekan Fakultas Kedokteran UPN Veteran, Senin (05/07/2021). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Menjaga kesehatan mental dan spiritual berperan penting bagi manusia agar bisa menghadapi pandemi Covid-19.

Spiritualitas yang baik akan membawa manusia lebih kuat, meskipun dia tengah diperhadapkan pada persoalan dan tekanan.

"Pertahanan paling kuat itu spiritualitas. Sesuatu yang lebih di atas mental, pikiran dan fisik kita," kata Dr dr Taufik Pasiak MKes MPdI, Dekan Fakultas Kedokteran UPN Veteran dalam Tribun Bakudapa Spesial Kawanua, Senin (05/07/2021).

Dalam event virtual bertajuk ‘Bertahan di Tengah Pandemi Covid-19' itu, Pasiak mengatakan, persepsi seseorang terhadap pandemi sangat menentukan keberhasilannya melalui persoalan tersebut.

"Kuncinya seberapa kuat mental dan daya spiritualitasnya. Karena itu, ada istilah fisik itu imun dan spiritualitas itu iman," ujar pakar otak ini.

Katanya, walaupun ilmu kedokteran sampai saat ini melihat imun dan iman itu bukan sebuah kesatuan namun Gugus Covid-19 sudah menyatakan bahwa imun dan iman adalah kombinasi jitu menghadapi pandemi Covid-19.

Katanya, kemampuan adaptif manusia paling kuat. Kita awalnya tidak siap dengan serangan mendadak Covid-19 tapi kini bisa bertahan.

"Jangan pernah panik. Ketika kita panik, kehilangan akal sehat dan tak bisa berpikir jernih," katanya.

Menghadapi pandemi Covid-19, kata Pasiak, paling penting tetap tenang dan waspada.

"Kita waspada, tahu apa yang mengancam dan bisa mengendalikan keadaan. Selain tenang, selalu optimistis," jelasnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved