Breaking News:

Berita Bitung

Pelatihan dan Sertifikasi Pemandu Selam, CPR Mulut ke Mulut Kini Tidak Bisa Lagi

Puluhan peserta ditempa selama tiga hari mengikuti Pelatihan dan Sertifikasi Pemandu Wisata Selam Tahun 2021

Penulis: Christian_Wayongkere | Editor: David_Kusuma
Tribun manado / Christian Wayongkere
Pelaksanaan Pelatihan dan Sertifikasi Pemandu Wisata Selam Bitung 

Manado, TRIBUNMANADO.CO.ID – Puluhan peserta ditempa selama tiga hari mengikuti Pelatihan dan Sertifikasi Pemandu Wisata Selam Tahun 2021.

Para pemandu wisata atau guide, penggemar menyelam dan freedive di refress kemampuan menyelam hingga diberikan materi terkait rescue dan lainnya.

Oleh para instruktur yang kompeten di dunia menyelam.

Pelatihan dan sertifikasi pemandu wisata selam, merupakan kegiatan dari Dinas Pariwisata Kota Bitung Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), berlangsung selama tiga hari di Yos Dive Lembeh – Eco Beach Resort di Kelurahan Makawidey Kecamatan Aertembaga, Kota Bitung Rabu – Jumat  (23-25/6/2021).

Baca juga: Beri Penghormatan Terhadap Kapolres Minahasa, Toar Pandeirot Pimping Mengheningkan Cipta

“Ada praktik juga berlangsung di Selat Lembeh, di spot menyelam pulau lembeh TK3, Jahir, Tanjung Kubur dan Makawidey,” kata Pingkan Kapoh Kepala Dinas Pariwisata Kota Bitung, Minggu (27/6/2021).

Frangky Runtukahu dan Nuswanto  pembicara juga instruktur, memberikan materi open water dan rescue kepada peserta yang sebagaian besar merupakan guide berpengalaman.

Ada dua sertifikasi Scuba Schools International (SSI) resque dan POSSI (Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia).

“Pelatihan ini perpedomam pada regulasi SSI hingga resque POSSI advance dan open water,” tambah Frangky Runtukahu yang instruktur diving juga Kepala Dinas Perikanan Kota Bitung.

Menurut Nuswanto instruktur diving, dalam penyampaiam materinya lebih ke metode diskusi, asesor pariwisita untuk selam dan refresh serta ada sertifikasi dan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

“Sertifikasi standar ASEAN,” jelas Nuswanto.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved