Breaking News:

Berita Bitung

Ini Penjelasan Pengelola KEK Bitung Terkait Lahan di Kawasan KEK

Direktur Utama PT Membangun Sulut Hebat (MSH), pengelola KEK Bitung, beberapa waktu lalu membeberkan luasan lahan total ada 534 hektare.

Penulis: Christian_Wayongkere | Editor: David_Kusuma
Christian Wayongkere
Gubernur Sulut Olly Dondokambey bersama Menteri Investasi dan BKPM dan Anggota DPRD Sulut Rocky Wowor 

Manado, TRIBUNMANADO.CO.ID – Jafferson Lungkang Direktur Utama PT Membangun Sulut Hebat (MSH), badan usaha milik daerah (BUMD) selaku pengelola KEK Bitung, beberapa waktu lalu membeberkan luasan lahan total ada 534 hektare.

Terbagi 92,79 hektare sudah dimiliki pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan 441 hektera dimiliki masyarakat umum dan perusahan swasta.

Di kawasan KEK sudah ada zonavikasi seperti perikanan, industri kepala dan lainnya.

Berjarak 36 kilometer (KM) dari Kota Bitung, 8 Km dari Pelabuhan Bitung dan 30 Km dari Bandara Internasional Sam Ratulangi Bitung.

"Dalam keputusan Gubernur Sulut nomor 93 tentang penetapan lokasi pembangunan KEK Bitung, karena jika ada ada transaksi di dalam KEK harus sepengetahuan pengelola KEK. Karena dalam keputusan gubernur, kalau transaksi jual beli rumah tidak diperbolehkan kecuali bangun untuk Industri," kata James Sela Direktur umum PT MSH.

Baca juga: Ini Penjelasan Wali Kota Bitung Maurits Mantiri Terkait Pengoperasian KEK Bitung

Lanjut James Sela, korbisnis di KEK ada industri kelapa dan turunannya,industri perikanan, logistik dan farmasi tapi akan menyesuaiakan dengan perkembangan dengan membuka sektor lainnya.

PT MSH dalam beraktivitas untuk KEK sejak tahun 2018. Di antara telah melakukan penandatanganan air bersih dengan Pemerintah Kota Bitung, terkait penyiapan air bersih, kebersihan dan pemadam kebakaran yang akan diperpanjang.

Selain itu PT MSH sudah bekerja sama dengan PT PLN Suluttenggo untuk penyuplaian listrik.

Lewata expo d idalam dan luar daerah, PT MSH melakukan promosi langsung ke calon investor.

"Dengan hasil ada 61 perusahan Letter of intent (Loi), MoU 11 perusahan, MoA dengan 1 perusahan, kontrak kerja dengan 4 perusahan.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved