Breaking News:

Berita Sitaro

Penerimaan Peserta Didik Baru SMA dan SMK di Sitaro Mulai Bergulir

Seluruh SMA dan SMK yang ada di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) mulai membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2021

Octavian Hermanses
Salah satu calon peserta didik yang mendaftar dalam PPDB di SMA Negeri 1 Siau Timur (Vian Hermanses/Tribun Manado) 

Manado, TRIBUNMANADO.CO.ID - Seluruh Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang ada di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) mulai membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2021.

Tahapan PPDB ini diatur lewat Petunjuk Teknis (Juknis) Nomor 800/Dikda-01/2282/2021 yang diturunkan Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Utara.

Di mana dalam juknis tersebut diatur tentang ketentuan umum pendaftaran dan persyaratan pendaftaran.

Sementara untuk jalur pendaftatan terdiri atas jalur zonasi, jalur afirmasi, jalur prestasi dan jalur perpindahan orang tua.

Baca juga: Wawali Bitung Hengky Honandar Dukung The Three Lions di Euro, Pdt Yessy Kotambunan Jagokan Italia

Sekretaris Panitia PPDB SMA Negeri 1 Siau Timur Gerry Paparang mengatakan, jalur zonasi merupakan jalur untuk calon peserta didik yang memprioritaskan jarak tempat tinggal terdekat sekolah sebagaimana zonasi yang ditetapkan.

"Perhitungan jarak dalam zonasi antara domisili KK calon peserta didik dengan sekolah itu 7 kilometer. Persentasenya sebanyak 50 persen dari 200 siswa yang di terima di SMA 1 Siau Timur," kata Paparang, Rabu (08/06/2021).

Sedangkan jalur presasti adalah jalur yang diperuntukan bagi calon peserta didik berprestasi yang memiliki nilai akdaemik dan non akademik di atas rata-rata.

"Jumlah yang akan diterima sebanyak 30 persen dari kuota yang ada. Prestasi yang diakui adalah dari kejuaraan yang diselenggarakan pemerintah atau lembaga resmi paling rendah di jenjang kabupaten," lanjutnya.

Terkait jalur afirmasi, Paparang menyebut calon peserta didik dalam program penanganan keluarga tidak mampu dari pemerintah yang dibuktikan dengan kepemilikan kartu Program Indonesia Pintar (PIP) atau Kartu Indonesia Pintar (KIP).

"Jumlah peserta didik diterima adalah 15 persen dari keseluruhan jumlah yang diterima sekolah," lanjutnya.

Halaman
12
Penulis: Octavian Hermanses
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved