Breaking News:

Berita Bitung

Kadis Sosial Sulut Rinny Tamuntuan Sebut Pentingnya Informasi Mitigasi Bencana

Dua kelurahan yang ada di Kota Bitung Provinsi Sulawesi Utara, dibentuk jadi Kampung Siaga Bencana oleh Kementrian Sosial Republik Indonesia

Tribun manado / Christian Wayongkere
dr Rinny Tamuntuan Kepala Dinas Sosial Daerah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) 

Manado, TRIBUNMANADO.CO.ID - Dua kelurahan yang ada di Kota Bitung Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), dibentuk jadi Kampung Siaga Bencana oleh Kementrian Sosial Republik Indonesia, Kamis (3/6/2021).

Pembentukan kampung Siaga Bencana di Kelurahan Girian Weru I Kecamatan Girian dan Kelurahan Manembo-Nembo Kecamatan Matuari, sudah di bentuk dalam pembukaan oleh dr Rinny Tamuntuan selaku kepala Dinas Sosial Daerah Provinsi Sulawesi Utara.

Kepada wartawan, dr Rinny Tamuntuan menyampaikan berterima kasih kepada Kementrian sosial RI, dimana Kota Bitung menjadi sasaran untuk pembentukan kampung siaga bencana yang ada di dua lokasi yakni Kecamatan Matuari dan Girian.

"Pembentukan kampung siaga bencana (KSB) ini, sudah bisa dilaksanakan untuk pencanangan siaga bencana. Karena syaratnya itu lebih dari satu KSB bisa diberikan pencanangan kawasan siaga bencana, dan juga Kelurahan Girian Bawah pada tahun 2015 sudah dilakanakan kampung siaga bencana," tutur Rinny Tamuntuan.

Baca juga: Ada Pejabat Tomohon Diduga Abaikan Prokes, Pengamat Epidemiologi: Ini Bukan Contoh yang Baik

Lanjut Rinny Tamuntuan, dengan bertambahnya dua KSB di Kota Bitung secara keseluruhan sudah menjadi tiga KSB dan bersyukur Kota Bitung satu-satu KSB di Sulut khususnya pulau Sulawesi pertama menjadi KSB.

Pihaknya tak putus-putusnya berterima kasih kepada Kementrian Sosial yang dipimpin Tri Rismaharini, yang begitu perhatian untuk Sulut khususnya Kota Bitung.

Pembentukan Kampung Tangguh di Kota Bitung, dirangkaikan dengan sejumlah kegiatan mulai Kamis - Sabatu (3-5/6/2021).

Dimulai dengan pembukaan kampung siaga bencana, secara daring dan luring. Melibatkan Tim dari Kementrian, Tagana Kota Bitung dan Provinsi Sulut serta masyarakat di Kelurahan Girian Weru I dan Manembo-Nembo, Jumat besok berlanjut dengan kegiatan pelatihan dan terjun langsung ke masyarakat.

Bentuk pelatihan, di antaranya mitigasi  dilatih ke masyarakat agar mereka mampu ketika terjadi bencana dimanapun mereka berada masyarakat tau keadaan darurat seperti apa dan minimal hal supervisial.

"Waktu singkat diharapkan masyarakat bisa mengetahui yang dilakukan ketika terjadi bencana dan kedaan darurat seperti apa," tambahnya.

Baca juga: DAFTAR Formasi CPNS Kejaksaan RI 2021, Terima Mulai Lulusan SMA Sederajat

Halaman
123
Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved