Berita Manado

1.337 Seleksi Bintara Laksanakan Tes Psikologi Dengan Sistem CAT

Peserta seleksi Bintara mengikuti tes psikologi yang dilaksanakan di Laboratorium Komputer Fakultas Kedokteran Unsrat Manado, Rabu (19/5/2021).

Penulis: Andreas Ruauw | Editor: Rizali Posumah
Istimewa.
Peserta seleksi Bintara mengikuti tes psikologi yang dilaksanakan di Laboratorium Komputer Fakultas Kedokteran Unsrat Manado, Rabu (19/5/2021). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Sebanyak 1.337 peserta seleksi Bintara mengikuti tes psikologi yang dilaksanakan di Laboratorium Komputer Fakultas Kedokteran Unsrat Manado, Rabu (19/5/2021).

Tes Psikologi ini dibagi dalam 3 hari, dan dalam sehari dibagi dalam 2 gelombang, pagi dan siang hari.

Kabag Psikologi Biro SDM Polda Sulut Kompol Winarko mengatakan ini baru pertama kali dilakukan secara CAT, yang kita laksanakan di Unsrat Manado.

"Kita pilih disini karena fasilitasnya cukup lengkap dan cukup bagus,” ucapnya.

Dieketahui, seleksi Computer Assisted Test (CAT), ini menggunakan metode seleksi dengan alat bantu komputer yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi.

“Setelah selesai melaksanakan tes, para peserta akan secara langsung mengetahui hasilnya masing-masing. Jadi tidak ada KKN dalam tes ini. Dengan sistem CAT ini, memperkuat sistem yang sudah ada yaitu Betah,” tegas Kompol Winarko.

Dalam tes psikologi ini, para peserta wajib mengikuti 4 tahapan tes, yaitu tes pass hand, kecerdasan, tes kepribadian dan tes kecermatan.

Ia melanjutkan, Prinsip Betah (Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis) dalam proses penerimaan Polri terlihat saat pelaksanaan Tes Psikologi Bintara Polri TA 2021 di Sulawesi Utara.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abraham Abast, mengatakan, jalannya tes turut diawasi secara ketat oleh Pengawas Internal (Itwasda dan Bidpropam Polda Sulut).

“Hal tersebut dilakukan untuk mengedepankan prinsip BETAH (Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis) guna menghindari segala bentuk kecurangan dalam setiap tahapan seleksi di lingkungan Polri,” ujarnya.

Seekor Burung Gagak Terekam Merobek-robek Bendera Israel, Husein: Itu Adalah Tanda Kebesaran Allah

Pokdakan Mas Merah Dikukuhkan, Pandeirot Bacakan Pesan Wali Kota Tomohon Caroll Senduk

Listrik Sering Padam, Hillary Lasut Sampaikan Surat Cinta Warga Talaud ke PLN Suluttenggo 

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved