Breaking News:

Berita Sitaro

Jaringan Listrik Milik PLN ULP Siau di Kampung Deahe Kembali Menelan Korban Jiwa

Kematian Syalomitha Sasambe (10), warga Kampung Deahe Lindongan I Kecamatan Siau Timur (Sitim) Kabupaten Sitaro menyisakan duka yang mendalam.

tribunmanado.co.id/Octavian Hermanses
Jaringan kabel listrik yang ada di kawasan pemukiman warga Kampung Deahe Kecamatan Siau Timur 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Kematian Syalomitha Sasambe (10), warga Kampung Deahe Lindongan I Kecamatan Siau Timur (Sitim) Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) menyisakan duka yang mendalam bagi keluarga dan warga Kampung Deahe pada umumnya.

Perempuan yang masih duduk di bangku kelas V SD ini tewas setelah dirinya tersengat kabel listrik yang melintas di atas rumah warga tempat korban bermain bersama dua rekannya.

Dari hasil penelusuran di lokasi kejadian, Syalomitha ternyata bukan orang pertama yang menjadi korban sengatan jaringan listrik di Kampung Deahe.

Sebelumnya, peristiwa serupa juga pernah terjadi pada tahun 2018 silam yang menewaskan salah seorang warga Kampung Deahe lainnya.

Amburadulnya penataan jaringan kabel listrik bertegangan tinggi di wilayah tersebut diduga menjadi biang kerok terjadinya peristiwa yang sama dengan menelan korban jiwa.

Pantauan wartawan di daerah pemukiman warga di Kampung Deahe, termasuk di lokasi Syalomitha tersengat listrik, jaringan kabel listrik dari tiang ke tiang nampak nyaris menyentuh bagian atap rumah-rumah warga.

Kondisi ini pun telah berulang kali dikeluhkan masyarakat, baik lewat petugas lapangan PLN ULP Siau bahkan melalui anggota DPRD pada kesempatan pelaksanaan reses.

"Memang sebetulanya sudah dari lama soal kelistrikan di Kampung Deahe. Sudah beberapa kali kami sampaikan, termasuk lewat reses dan menyampaikan langsung keluhan ini kepada petugas PLN yang sering datang kemari, bahwa jaringan ada di Kampung Deahe ini sangat membahayakan warga masyatakat," ungkap Kepala Kampung (Kapitalau) Deahe, James Kiaking, Selasa (11/05/2021).

Namun demikian, sambung Kiaking, hingga berulangnya peristiwa yang mengakibatkan tewasnya salah satu warga akibat tersengat listrik, belum ada tindaklanjut dari pihak PLN ULP Siau. "Sampai sekarang ini juga belum ada respon dari pihak PLN," sambungnya.

Ia pun membenarkan soal peristiwa serupa yang pernah terjadi pada 2018 silam, hingga mengakibatkan salah satu warga Kampung Deahe meninggal dunia.

Halaman
12
Penulis: Octavian Hermanses
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved