Breaking News:

Berita Bitung

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Komitmen Dukung Kota Digital

Julius Ondang Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bitung, menjelaskan terkait pelaksanaan ujian sekolah yang menggunakan digital

Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: David_Kusuma
Tribun manado / Christian Wayongkere
Ir Maurits Mantiri MM Wali kota Bitung, Julius Ondang Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bitung dan Tommy Paat kepala SMPN  2 Bitung meninjau pelaksanaan ujian sekolah di SMPN 2 Bitung yang menggunakan sistem digital pakai HaPe tidak pakai kertas lagi. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Julius Ondang Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bitung, menjelaskan terkait pelaksanaan ujian sekolah yang menggunakan digital (handphone) dan tidak pakai kertas lagi.

"Jadi penggunaan digital atau Hp, saat ujian sekolah selain di SMPN 2 Bitung, juga berlangsung di SMP 11, SMP 12, SMP Muhamammadiyah dan SMP Al Hairat Bitung," kata Julius Ondang, Kamis (6/5/2021).

Keberadaan sekolah SMP di Kota Bitung, yang telah melakukan digitalisasi dalam pelaksanaan ujian maupun proses pembelajaran tatap muka di tahun ajaran baru nanti

Baca juga: MUI Sepakat Jemaah Salat Id di Masjid, Takbiran Keliling Ditiadakan

Merupakan wujud dari mendukung visi pemerintah Kota (pemkot) Bitung, dibawah komando Wali kota Ir Maurits Mantiri MM dan Wawali Hengky Honandar SE, menjadi kota Bitung kota Digital.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bitung, berkomitmen untuk mewujudkan visi tersebut lewat kerja sama dengan sekolah-sekolah di Bitung.

Adapun untuk pelaksanaan ujian sekolah di Kota Bitung berlangsung serentak, di 37 SMP dan 104 SD akan berakhir pada Jumat (7/5/2021).

"Jadi untuk ujian sekolah ini, sebagai penerapan tidak ada lagi ujian nasional. Semua diserahkan ke sekolah dengan pengawasan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kota Bitung," tambahnya.

Julius Ondang menjelaskan untuk makanisme ujian sekolah dengan sistem digital pakai HP, mulai dari operator mengirimkan link soal ke panitia.

Lalu dari panitia ke wali kelas, wali kelas ke siswa.

Baca juga: Generasi Muda Pintadia Gotong Royong Siapkan Tradisi Simpiro Soga

Setelah pengerjaan, jawaban langsung masuk ke server operator untuk mengecek hasil ujian.

Dari server sekolah hasilnya langsung ke guru mata pelajaran, hingga di tahap terakhir guru mata pelajaran akan melakukan penilaian.

Sesuai dengan rumus penilian berdasarkan juknis yang dikeluarkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan di Kota Bitung.(crz)

Baca juga: Korban Lakalantas Maut di Tanjakan Munte Bekerja di Galangan Kapal Kalasey, Sosok Pekerja Keras

YOUTUBE TRIBUN MANADO:

 
 

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved