Breaking News:

Olimpiade Tokyo

Korea Utara Pastikan Tak Ikut Olimpiade Tokyo di Jepang, Alasannya Takut Atlet Terjangkit Covid-19

Negara Korea memilih tidak berpartisipasi di Olimpiade Tokyo pada musim panas tahun ini. Hal ini dilakukan dengan tujuan melindungi

Editor: Aswin_Lumintang
AP PHOTO / SHIZUO KAMBAYASHI
Juara lembing Olimpiade Koji Murofushi (ketiga kiri) membersihkan kuali Olimpiade, yang digunakan pada Olimpiade Tokyo 1964, dengan sekelompok anak-anak selama acara mempromosikan Tokyo tuan rumah untuk Olimpiade 2020 di Stadion Nasional Tokyo, 1 September 2013. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, TOKYO - Negara Korea memilih tidak berpartisipasi di Olimpiade Tokyo pada musim panas tahun ini. Hal ini dilakukan dengan tujuan melindungi atletnya dari pandemi Covid19, yang meski pun telah ada vaksin, namun masih tetap berbahaya.

Kabarnya sebenarnya sejumlah atlet tetap melakukan latihan terpusat di negara itu. Namun, keputusan terakhir memang di tangan pemerintah.

Ilustrasi Olimpiade 2020 di Tokyo.
Ilustrasi Olimpiade 2020 di Tokyo. (KONTAN)

Kementerian Pendidikan Jasmani Korea Utara telah mengumumkan bahwa mereka tidak akan berpartisipasi dalam Olimpiade Tokyo musim panas ini, dengan alasan untuk melindungi atlet dari krisis kesehatan global yang disebabkan oleh virus corona.

Hal ini terungkap di situs web "Pendidikan Jasmani Korea" yang dioperasikan oleh Kementerian Pendidikan Jasmani Korea Utara, pada tanggal 5 April 2021.

"Rapat umum Komite Olimpiade diadakan di Pyongyang pada tanggal 25 Maret 2021 dan diputuskan untuk tidak berpartisipasi dalam Olimpiade ke-32 sesuai dengan usulan anggota," tulis situs Korea Utara tersebut.

Korea Utara mengklaim bahwa tidak ada seorang pun di negara itu yang terinfeksi virus corona, dan terus memblokir perbatasan, termasuk sangat membatasi lalu lintas ke dan dari China dan Rusia.

"Saya akan mengonfirmasi secara detail mulai sekarang," ungkap Ketua Panitia Penyelenggara Olimpiade Seiko Hashimoto, Selasa (6/4/2021).

"Saya tidak mengetahui informasi tentang non-partisipasi Korea Utara sebelumnya dan belajar dari berita pagi. Tidak ada informasi lebih lanjut di pagi hari, jadi saya akan memeriksanya secara detail mulai sekarang," tambah Seiko Hashimoto.

Partisipasi dalam Olimpiade diundang oleh IOC. Panitia Penyelenggara akan terus berupaya untuk menciptakan lingkungan di mana semua negara dan kawasan dapat berpartisipasi dalam Olimpiade dengan aman dan terjamin.

Menteri Olimpiade Tamayo Marukawa juga akan mengonfirmasi detail.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved