Breaking News:

Tenaga Pendidik di Manado Respons Positif Wacana Sekolah Tatap Muka

Jika secara langsung lebih mudah untuk mendidik kepribadian seperti nilai moral dan sebagainya.

Tribun manado / Andreas Ruaw
ilustrasi: Begini Suasana Pembelajaran Tatap Muka di SMK Yadika 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyampaikan kebijakan soal pelaksanaan belajar tatap muka masa pandemi Covid-19. Namun, pelaksanaan kegiatan tersebut harus memenuhi ketentuan protokol kesehatan.

Hal itu mendapat respons positif dari Andika Kauwo salah satu tenaga pendidikan di Kota Manado, Selasa (30/3/2021).

Menurutnya pembelajaran tatap muka sangat baik dalam pemberian materi pelajaran karena lebih mudah untuk guru menyampaikan, sehingga murid lebih mudah memahami.

"Juga dapat meningkatkan sikap sosial antar murid seperti kerjasama, saling menghormati dan menghargai," ucapnya.

Ia menambahkan, selain memberikan materi pembelajaran, jika secara langsung lebih mudah untuk mendidik kepribadian seperti nilai moral dan sebagainya.

"Namun, sekolah harus benar-benar siap dengan protokol kesehatan yang ada. Takutnya bisa menjadi tempat penyebaran covid kalo nda taat protokol, krn kan vaksin blm bisa jangkau semua," pungkasnya.

Terpisah, Kepala Cabang Disdik Minut-Bitung Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Utara Ernes Emon mengungkapkan ada beberapa persyaratan yang harus diajukan sekolah atau satuan pendidikan jika ingin melaksanakan pembelajaran tatap muka.

"Jadi yang menentukan pembelajaran tatap muka itu tergantung dari kesiapan sekolah, bagaimana mereka mempersiapkan semua kriteria-kriteria menyangkut protokol kesehatan," pungkasnya.

Beliau melanjutkan, kalau sekolah yang bersangkutan bersedia, mereka harus membuat portofolio berupa dokumen disertai video penerapan prokes dan diserahkan ke Cabang Dinas.

"Nanti dari Cabang Dinas bakal memverifikasi bersama-sama dengan Satuan Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten/Kota," pungkasnya. (*)

Penulis: Andreas Ruauw
Editor: Charles Komaling
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved