Breaking News:

Konferensi PWI Sulut

Periode Pengurus PWI Sulut Sebenarnya Berakhir September 2020, Gelar Konferensi 28-29 Maret 2021

Kepengurusan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulawesi Utara (Sulut) periode 2016-2020 sebenarnya sudah berakhir

Periode Pengurus PWI Sulut Sebenarnya Berakhir September 2020, Gelar Konferensi 28-29 Maret 2021
istimewa
Ketua Hari Pers Nasional (HPN) Sulut, Aswin Lumintang saat memberikan ucapan terima kasih

MANADO, TRIBUNMANADO.CO.ID - Kepengurusan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulawesi Utara (Sulut) periode 2016-2020 sebenarnya sudah berakhir sejak bulan September 2020, namun karena pandemi Covid-19 maka oleh Ketua Umum PWI Pusat, Atal Sembiring Depari diperpanjang hingga enam bulan kedepan.

Hal ini diutarakan Wakil Ketua PWI Sulut Bidang Organisasi, Aswin Lumintang, Rabu (17/03/2021). ''Saya selaku Ketua Panitia Konferensi Provinsi PWI Sulut sedang mempersiapkan lokasi dan hal-hal teknis lainnya, '' ujar Aswin sambil menambahkan bahwa Konferensi rencananya akan diadakan 28 hingga 29 Maret 2021.

Pjs Gubernur Sulut, Agus Fatoni diberikan bingkisan berupa lukisan wajah sang pemimpin oleh Ketua Panitia Aswin Lumintang didampingi Ketua PWI Sulut, Voucke Lontaan.
Pjs Gubernur Sulut, Agus Fatoni diberikan bingkisan berupa lukisan wajah sang pemimpin oleh Ketua Panitia Aswin Lumintang didampingi Ketua PWI Sulut, Voucke Lontaan. (istimewa)

Dia menjelaskan, sesuai edaran yang dikirim oleh DPP PWI Pusat, disebutkan bahwa 2 minggu sebelum pelaksanaan Konferensi DPD PWI Sulut sudah mengusulkan nama-nama yang berhak ikut dalam pemilihan. Kemudian paling lambat seminggu sebelum pemilihan (konferensi) DPP PWI Pusat harus sudah mengirimkan ke DPD PWI Sulut nama-nama yang berhak ikut dalam konferensi dan berhak memilih.

'' Saya selaku Ketua Panitia tentu akan terus berkoordinasi dengan DPD PWI Sulut terkait kesiapan peserta, sehingga pemilihan nanti benar-benar demokrasi dan jurdil, '' ujarnya.

Aswin juga mengatakan, bahwa dia sudah berkoordinasi dengan Ketua PWI Sulut, Voucke Lontaan untuk meminta izin Aula Mapalus Kantor Gubernur Sulut menjadi lokasi pemilihan. ''Karena sesuai edaran yang dikirim PWI Pusat, pelaksanaan konferensi harus mengikuti protap Kesehatan. Jadi seluruh peserta yang ikut harus melalui test rapid antigen, memakai masker dan di dalam ruangan harus berjarak hingga 1,5 meter antara peserta satu dengan lainnya, '' ujarnya.

Foto bersama pimpinan Pengadilan Militer dan pengurus PWI Sulut seusai penanaman pohon menyambut Hari Pers Nasional
Foto bersama pimpinan Pengadilan Militer dan pengurus PWI Sulut seusai penanaman pohon menyambut Hari Pers Nasional (istimewa)

Sesuai arahan PWI Pusat juga, ruangan tempat pelaksanaan harus mempunyai tempat cuci tangan dan menyediakan hand sanitiser untuk peserta. ''Kalau pemilihan Ketua PWI Sulut akhir bulan ini, maka siapa saja yang memenuhi syarat sudah bisa menyiapkan berkas untuk ikut dalam kontestasi nanti, '' ujar Aswin.

Dia menambahkan, syarat untuk menjadi calon Ketua PWI Sulut antara lain; keanggotaan di PWI minimal 5 tahun dibuktikan dengan kartu keanggotaan, memiliki kecakapan UJi Kompetensi Wartawan (UKW) tingkat Utama dan sudah pernah masuk dalam kepengurusan periode sebelumnya.

'' Kalau tidak salah yang memenuhi kriteria ini sudah hampir 10 orang di PWI. Hanya ada beberapa yang belum memperpanjang kartunya. Ini yang kita dorong supaya harus sudah memiliki kartu yang diperpanjang sebelum pemilihan nanti, '' ujarnya Aswin lagi.

Komisioner KPU Minut, Hendra Lumanauw bersama Aswin Lumintang, Wakil Ketua PWI Sulut dan Rikson Karundeng
Komisioner KPU Minut, Hendra Lumanauw bersama Aswin Lumintang, Wakil Ketua PWI Sulut dan Rikson Karundeng (istimewa)
Editor: Aswin_Lumintang
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved