Breaking News:

Kisruh Demokrat

Kisruh KLB Bisa Bawa Dampak Bagi Kekuatan Partai Demokrat di Sulut

Kisruh Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat (PD) turut berdampak hingga tingkat di Sulawesi Utara (Sulut).

Penulis: Hesly Marentek | Editor: Rhendi Umar
isitmewa
Pengamat Politik Josef Kairupan 

Manado, TRIBUNMANADO.CO.ID - Kisruh Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat (PD) turut berdampak hingga tingkat di Sulawesi Utara (Sulut).

Sejumlah kader Partai Demokrat turut terseret pasca mengikuti KLB yang digelar di Sumatera Utara tersebut.

Lantas terkait hal ini Pengamat Politik Josef Kairupan menilai saat ini belum dapat dikatakan signifikan dampak dari KLB PD yang telah digelar beberapa waktu lalu di Sumut untuk menggoncang soliditas partai.

Karena jika DPC dan DPD masih loyal kepada kepemimpinan AHY, lebih khusus yang ada di Sulut, maka tidak akan tergerus kekuatan partai Demokrat di sulut.

"Jika ada mantan pengurus dan mantan kader dari sulut yang datang ke KLB tentunya patut dipertanyakan, atas rekomendasi apa, mewakili pengurus mana, kredensinya apa. Bisa saja yang bersangkutan datang ke KLB atas nama pribadi, bukan secara organisasi. Selama DPC dan DPD se sulut masih menjadi loyalisnya AHY tidak akan memberikan dampak negatif bagi PD Sulut," katanya.

Lebih lanjut Akademisi Unsrat ini menyebut  andai sebaliknya jika DPC dan DPD ini justru menyatakan sikap mendukung terhadap KLB tersebut.

Maka akan memberikan dampak yang akan berkepanjangan.

"Karena bahkan dipastikan akan terjadi pertarungan narasi antara kedua pihak, yang endingnya akan dibawa sampai dipertarungan yang berlangsung di Kementerian Hukum dan HAM," sebutnya seraya menambahkan masing-masing pihak pastinya akan saling mengklaim bahwa siapa yang paling berhak.

"Akan saling klaim siapa yang legitimate mewakili partai, siapa ya g paling benar, dan lain sebagainya. Tinggal menunggu saja narasi dari pihak mana yang paling kuat," sambung Kairupan.

Adapun jika saja kisruh ini berkepanjangan dan nantinya pihak KLB yang diuntungkan maka hal ini akan membawa dampak terhadap kekuatan PD di Sulut.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved