Breaking News:

Manado Business Forum

Ketua PHRI Sulut: Sekadar Survive Saja Tak Bisa, Harus Ada Terobosan

Di sektor pariwisata sendiri, pemerintah telah membuka semua tempat wisata dengan catatan memenuhi standar CHSE

ISTIMEWA
Nicho Lieke 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Pandemi Covid-19 memukul semua sektor kehidupan manusia. Pariwisata merupakan salah satu yang paling terpukul. Apalagi di Sulawesi Utara.

Pandemi yang masih berlangsung menuntut pelaku usaha pariwisata tak hanya sekadar berupaya bisa bertahan.

"Sekadar survive saja tidak bisa. Harus inovasi. Lakukan terobosan. Lihat peluang, berinovasi, manfaatkan kesempatan," ujar Ketua PHRI Sulut, Nicho Lieke dalam Manado Business Forum Menjual Wisata Sulut Secara Virtual, Jumat (26/02/2021).

Katanya, dengan berinovasi, pelaku pariwisata bisa bertahan sekaligus bisa mendapatkan penghasilan di tengah kondisi ekonomi yang bergerak sangat lambat.

Misalnya, rumah makan, jangan lagi berharap penjualan konvensional. Butuh kolaborasi dengan perusahaan transportasi online.

"Bukan lagi sekadar bagaimana melayani pesanan. Makanan bisa diantar tapi bagaimana makanan minuman bisa sampai ke konsumen dalam kondisi terbaik, baik rasa dan tampilannya," ujarnya.

Begitu pula, wajib membuka layanan hotline. Era saat ini bukan lagi menunggu di tempat tapi keluar dan menjemput peluang.

Lieke bilang, pandemi Covid-19 diprediksi masih berlangsung beberapa tahun ke depan.

"WHO memprediksikan masih berjalan 2-3 tahun lagi. Jadi, kita pelaku pariwisata harus melihat, bagaimana ke depan, berapa lama kita bisa bertahan dengan kondisi saat ini dan apa yang perlu dilakukan," jelasnya.

Meskipun demikian, Lieke yakin pariwisata Sulut akan tetap hidup. Pariwisata tak boleh mati.

Halaman
12
Penulis: Fernando_Lumowa
Editor: Charles Komaling
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved