Breaking News:

Virus Corona

Ini Gejala Covid-19 yang Bisa Bertahan Hingga 6 Bulan di Tubuh Penderita

Ini adalah hasil penelitian terhadap 103 orang berusia di atas 18 tahun yang positif terinfeksi Covid-19 sejak April hingga Oktober 2020.

Tribunnews
ilustrasi batuk 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Orang yang terinfeksi virus corona, akan mengalami beberapa gejala umum seperti batuk, demam, sakit kepala, pilek, sakit tenggorokan, diare, sesak napas, muntah dan mual.

Sebuah penelitian yang diterbitkan di Journal of Clinical Microbiology and Infection menyebutkan, gejala-gejala tersebut bisa tetap dialami oleh seseorang hingga 6 bulan lamanya.

Ini adalah hasil penelitian terhadap 103 orang berusia di atas 18 tahun yang positif terinfeksi Covid-19 sejak April hingga Oktober 2020.

Penelitian ini mencoba menjawab mengenai berapa lama gejala Covid-19 bertahan pada pasien yang memiliki gejala ringan hingga sedang.

Melansir dari The Jerusalem Post, (21/2/2021) peserta penelitian bukanlah pasien yang sakit dirawat di rumah sakit.

Dalam penelitian ini peserta diwawancarai hingga empat kali selama penelitian.

Gejala yang bertahan 6 bulan

“Sangat menakutkan bahwa setelah enam bulan, orang muda yang sehat dan merasa baik-baik saja sebelum virus corona masih memiliki gejala,” kata Dr. Sarah Israel dari Hadassah-University Medical Center, yang membantu penulis laporan tersebut.

Selama enam bulan, 46 persen pasien memiliki setidaknya satu gejala yang tak kunjung sembuh. Adapun yang paling banyak yakni 22 persen pasien mengalami gejala kelelahan.

Selanjutnya, 15 persen lainnya mengalami perubahan bau dan rasa, sedangkan 8 persennya mengalami kesulitan bernapas.

Halaman
12
Editor: muhammad irham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved