Breaking News:

Internasional

Taiwan Gagal Membeli Vaksin dari BioNTech, Diduga Karena Dihalangi China

"Interferensi kekuatan eksternal mengganggu pengaturan. Ada beberapa orang yang tidak ingin Taiwan terlalu bahagia," kata Chen.

REUTERS/Tyrone Siu
ILUSTRASI. Upaya Taiwan untuk membeli lima juta dosis vaksin Covid-19 BioNTech gagal pada menit-menit terakhir. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, TAIPEI - Menteri Kesehatan Taiwan Chen Shih-chung mengungkapkan tekanan politik dari China kemungkinan menjadi penyebab batalnya kesepakatan dengan BioNTech.

Hal ini membuat upaya Taiwan membeli lima juta dosis vaksin virus corona (Covid-19) BioNTech gagal pada menit-menit terakhir.

Dalam wawancara di Stasiun Radio Hit FM, Rabu (16/2/2021), Chen mengungkapkan pemerintah tengah membuat persiapan akhir untuk menandatangani BioNTech yang berbasis di Jerman pada Januari.

Namun tiba-tiba segalanya berubah karena ada imtervensi dari pihak eksternal.

"Interferensi kekuatan eksternal mengganggu pengaturan. Ada beberapa orang yang tidak ingin Taiwan terlalu bahagia," kata Chen seperti yang dikutip Bloomberg.

Peta China, Taipei (Taiwan), Hong Kong, dan Macau
Peta China, Taipei (Taiwan), Hong Kong, dan Macau (googl)

Distributor regional BioNTech, Shanghai Fosun Pharmaceutical Group yang berbasis di China, tidak segera menanggapi permintaan untuk mengomentari masalah tersebut. 

Shanghai Fosun mendapatkan hak pada bulan Maret untuk mengembangkan dan memasarkan vaksin Pfizer-BioNTech di seluruh daratan China, Hong Kong, Makau, dan Taiwan.

Seperti yang diketahui, Taiwan telah menjadi salah satu negara sukses dalam memerangi penyebaran virus corona, dengan mencatat sembilan kematian dan kurang dari 1.000 kasus sejak awal pandemi. 

Akan tetapi, upaya Taipei untuk mendapatkan vaksinasi untuk 23,5 juta penduduknya terbukti lebih sulit dan menantang.

Gagalnya kesepakatan itu merupakan kemunduran signifikan bagi upaya inokulasi Taiwan, dan kekhawatiran campur tangan Beijing kemungkinan akan semakin membebani hubungan dengan China.

Baca juga: Pesan Krisdayanti untuk Kedua Anaknya yang Terpapar Covid-19: Jangan Mikirin yang Lain

Baca juga: Doa dan Dzikir Salat Fardhu yang Wajib Diketahui, Baca Juga Artinya

Halaman
123
Editor: Isvara Savitri
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved