Breaking News:

Penanganan Covid

Kehamilan dan COVID-19

Pada kehamilan sering terjadi proses perubahan fisiologi yang menyebabkan terjadinya penurunan kekebalan serta terjadinya perubahan psikologi.

Editor: Rizali Posumah
Istimewa
Ni Nyoman Sri Artina Dewi.,M.Keb 

Nama         : Ni Nyoman Sri Artina Dewi.,M.Keb

Institusi      :STIK Sint Carolus

Prodi          : Kebidanan

COVID-19 masih mejadi berita hangat yang banyak diperbincangkan oleh masyarakat dimanapun. Walaupun sudah ditemukan vaksin namun orang yang terkena virus ini masih sangat tinggi.

Hal ini bisa dilihat dari data yang dikeluarkan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19. Di mana dari data tersebut, setiap harinya selalu ada penambahan kasus positif.

Apa itu COVID-19? Semua orang mukin sudah tahu, COVID-19 merupakan suatu virus dari kelompok coronavirus yang menyerang sistem pernafasan yang dapat menular antar manusia. Virus ini sangat cepat menyebar kepuluhan negara termasuk Indonesia.

Virus ini pertama kali ditemukan di Wuhan, Cina pada Desember 2019. Penyebaran virus ini sangat cepat dan memiliki resiko yang lebih tinggi pada beberapa populasi rentan seperti pada kelompok ibu hamil (Aritonang dkk,2020).

Mengapa ibu hamil termasuk kelompok rentan ? Pada kehamilan terjadi proses perubahan fisiologi yang menyebabkan terjadinya penurunan kekebalan serta terjadinya perubahan psikologi yang membuat ibu sering mengalami stress.

Menurut Chrisyani dan Padang, 2020, paling tinggi terjadi kasus COVID-19 pada trimester III hal ini karena pada masa kehamilan terjadi perubahan respon imun sesuai dengan usia kehamilan, pada trimester I disebut dengan stadium proinflamasi dimana proses implantasi embrio, trimester II disebut stadium anti -implamasi yaitu stadium memelihara pertumbuhan janin sedangkan trimester III disebut stadium proinflamasi yaitu mendekati masa persalinan, dimasa menjelang persalinan inilah kasus COVID-19 paling banyak terjadi.

Karenanya pada ibu hamil perlu mendapatkan perhatian yang serius dalam mencegah penularan COVID-19.

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved