Breaking News:

Calon Kapolri

Sosok Calon Kapolri Listyo Sigit Prabowo di Mata Pimpinan KPK hingga Istana Ungkap Alasan Jokowi

Nawawi mengatakan, Listyo merupakan sosok yang terbuka dalam upaya koordinasi dan supervisi penanganan kasus-kasus korupsi.

KOMPASTV
Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo (tengah) menjelaskan prose penyerahan barang bukti dan tersangka kasus dugaan korupsi penjualan kondensat oleh PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) di gedung Bareskrim, Jakarta, Kamis (30/1/2020). 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajukan nama Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai calon tunggal Kapolri ke DPR RI pada Rabu (13/01/2020)  

Komjen Listyo Sigit Prabowo akan menggantikan Jenderal Polisi Idham Azis yang akan pensiun pada 1 Februari 2021. 

Listyo akan menjalani uji kepatutan dan kelayakan di Komisi III DPR sebelum DPR memberikan persetujuan atas nama calon yang diajukan Presiden.

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) Nawawi Pomolango menilai, calon tunggal Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo memiliki hubungan baik dengan aparat penegak hukum lain.

Baca juga: HASIL Manchester City vs Brighton Liga Inggris, Phil Foden Bawa The Citizens Unggul di Babak Pertama

Baca juga: Detik-detik Pesawat Garuda dan Lion Air Batal Mendarat di Bandara Supadio PNK, Dipicu Cuaca Ekstrem

Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo
Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo (Tribunnews.com/Igman Ibrahim)

Nawawi mengatakan, Listyo merupakan sosok yang terbuka dalam upaya koordinasi dan supervisi penanganan kasus-kasus korupsi.

"Sejauh ini profil Komjen Listyo Sigit cukup, bahkan sangat baik dalam hubungan koordinasi sesama lembaga aparat penegak hukum. Beliau sangat terbuka dan responsif terhadap upaya-upaya koordinasi dan supervisi," kata Nawawi, Rabu (13/1/2021).

Nawawi mengatakan, pernyataan itu ia sampaikan sebagai pandangan pribadinya, bukan pandangan lembaga KPK.

Secara pribadi pula, ia menilai Listyo sosok yang luar biasa tenang. Menurut Nawawi, pemilihan Listyo sebagai calon tunggal kapolri pastinya telah melalui banyak pertimbangan.

Nawawi pun berharap, kerja sama KPK dan Polri dapat semakin baik ke depannya, khususnya dalam upaya pemberantasan korupsi.

"Ke depan tentu kita berharap, kerja koordinasi antar lembaga Polri dan KPK semakin nampak bersinergi dan memberi hasil guna pada kedua lembaga dan tentu saja untuk upaya pemberantasan korupsi itu sendiri," kata Nawawi.

Halaman
1234
Editor: Aldi Ponge
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved