Breaking News:

Pilkada Minut

Pilkada Minut Dipastikan Tanpa Gugatan, Langkah JG-KWL Nakhodai DB 1 F Kian Mulus

Langkah calon bupati dan wakil bupati peraih suara terbanyak dalam Pilbup Minut, Joune Ganda dan Kevin William Lotulung (JG-KWL)

Penulis: | Editor: David_Kusuma
Istimewa
Joune Ganda dan Kevin William Lotulung 

TRIBUNMANADO.CO.ID, AIRMADIDI - Langkah calon bupati dan wakil bupati peraih suara terbanyak dalam Pilbup Minut, Joune Ganda dan Kevin William Lotulung (JG-KWL), untuk menahkodai DB 1 F, kian mulus.

Pasalnya JG-KWL dipastikan akan melenggang bebas setelah pleno rekapitulasi suara hasil pemilihan tidak disertai gugatan dari kedua kompetitornya dalam Pilkada.

Saat diwawancarai terkait tak adanya gugatan dalam Pilkada Minut Joune Ganda mengapresiasi kedua kompetitornya.

JG sapaan akrabnya menilai kedua kompetitornya, telah dewasa dalam berpolitik, sebab mereka siap menerima hasil Pilkada 2020.

Baca juga: GMIBM Imbau Jangan Konvoi di Malam Pergantian Tahun

Baca juga: Manado Masih Zona Merah Covid-19, Gugus Tugas Harap Pengusaha Kuliner Proaktif

Baca juga: Hasil Audit Laporan Dana Kampanye Paslon, LDK SSM-Oppo Patuhi PKPU 12 Tahun 2020

"Selain itu tentu saja saya berterimakasih kepada seluruh masyarakat yang telah berpartisipasi dalam Pilkada sebab suksesnya Pilkada ditengah pandemi tak luput dari tingginya partisipasi masyarakat," ujarnya

Joune pada kesempatan itu juga mengapresiasi kinerja penyelenggara, dalam hal ini KPU dan Bawaslu, yang telah sukses melaksanakan Pilkada.

"Di sisi lain, saya mengajak agar seluruh pendukung untuk tetap tenang dan menghormati hasil KPU, hingga proses penetapan dan pelantikan," tandasnya.

Sementara Komisioner KPU Divisi Teknis Penyelenggara, Darul Halim mengatakan memang hingga sekarang belum ada satupun gugatan yang masuk pasca pleno rekapitulasi suara.

Baca juga: Cerita Wali Kota Malang Terpapar Covid-19, 10 Langka Nafasnya Terasa Berat & Tersenggal Senggal

"Di mana usai pleno, Selasa (15/12/2020) sesuai ketentuan KPU Minut memberikan kesempatan pada pasangan calon maupun pihak lainnya untuk mengajukan gugatan di MK terkait pleno rekapitulasi hasil pemungutan suara hingga Jumat (18/12/2020) pada pukul 22.10 kita ," jelasnya.

Meski begitu tambah dia, sejauh ini KPU belum bisa pastikan jadwal pleno penetapan paslon terpilih, karena tetap harus menunggu diterbitkan buku registrasi perkara konstitusi (BRPK) yang kemungkinan dikisaran tanggal 18 Januari

Dari data yang dihimpun, di Sulut hanya ada dua daerah yang mengajukan gugatan dalam Pilkada serentak di tujuh Kabupaten/Kota, yakni Boltim dan Tomohon.

Baca juga: 63 Andikpas LPKA Tomohon Terima Remisi Natal, 2 di Antaranya Langsung Bebas

Sementara dari hasil perolehan suara rekapitulasi KPU, pasangan calon bupati dan wakil bupati, JG-KWL berhasil menang telak dalam Pilbup Minut.

Di mana JG-KWL berhasil unggul di sembilan Kecamatan dengan perolehan suara 69.633 diikuti Kiss-Jo 31.763 dan SGR-NAP 19.991. 

Dari rekapitulasi, jumlah suara dalam Pilkada kali ini berkisar 125.298 dimana dari total tersebut ada 121.387 suara sah dan 3.911 suara yang tidak sah atau rusak. (drp) 

Baca juga: Reshufle Kabinet, Jokowi Pilih Tokoh Populer untuk Jaga Nama Baik, Pengamat: Seperti Ingin Menumpuk

SUBSCRIBE YOUTUBE TRIBUN MANADO:

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved