Breaking News:

Berita Pilkada

Pasangan Olly-Steven Tak Berhasil Kuasai Suara BMR, Liando Sebut Sehan & Golkar Jadi Popularitas 

Pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey-Steven Kandouw (ODSK) rupanya tak berhasil mematahkan mitos

Foto tribun manado/ Dewangga Ardhiananta
Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat), Ferry Daud Liando 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey-Steven Kandouw (ODSK) rupanya tak berhasil mematahkan mitos di Bolaang Mongondow Raya (BMR).

Menurut penetapan hasil penghitungan suara pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sulut 2020, ODSK hanya berhasil mengambil hati rakyat Bolaang Mongondow (Bolmong) dengan perolehan suara 69.807 dan Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) sebanyak 22.724.

Sedangkan di tiga kabupaten lainnya, ODSK masih kalah dari paslon Christiany Eugenia Paruntu-Sehan Salim Landjar (CEP-SSL) yang di Kotamobagu memperoleh suara 34.863 suara, di Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) 24.203 suara, dan di Bolaang Mongondow Timur (Boltim) 26.451 suara.

Ferry Liando Siap Ulas Isu Revisi UU Pemilu
Ferry Liando Siap Ulas Isu Revisi UU Pemilu (Istimewa)

Menurut Dosen Kepemiluan Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Ferr Liando, ODSK tidak dominan di BMR bisa jadi karena terpolarisasinya dukungan pemilih antara memilih CEP-SSL dan ODSK.

"Pak Sehan memiliki popularitas di sana sehingga sebagain besar pemilih mendukungnya," ujarnya saat dikonfirmasi, Minggu (20/12/2020).

Christiany Eugenia Paruntu dan Sehan Landjar (CEP Sehan) pada Debat Publik tahap II paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut di Hotel Mercure Manado, Rabu (11/11/2020) malam lalu.
Christiany Eugenia Paruntu dan Sehan Landjar (CEP Sehan) pada Debat Publik tahap II paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut di Hotel Mercure Manado, Rabu (11/11/2020) malam lalu. (Screenshot Instagram christiany_eugenia_paruntu)

Selain ketokohan Sehan, hal tersebut disebabkan masih banyak tokoh-tokoh dan masyarakat yang bersimpati dengan Partai Golkar di BMR.

"Beberapa kali Pemilu dan Pilkada, tokoh-tokoh Golkar masih mendominasi perolehan suara di sana, sehingga itu juga yang memungkinkan perolehan suara CEP-Sehan masih dominan," tutup Ferry.(*)

Penulis: Isvara Savitri
Editor:
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved