Terkini Daerah

Surat Suara Pilgub Sulut Mulai Dicetak, Diperkirakan Tiba di Pelabuhan Bitung 17 November 2020

Ketua KPU Sulut Ardiles Mewoh mengingatkan kepada pihak penyedia bahwa kualitas surat suara harus konsisten sesuai desain yang diserahkan. 

Penulis: Isvara Savitri | Editor: Rhendi Umar
Istimewa
KPU melakukan pengawasan terhadap pencetakan surat suara di PT Temprina Media Grafika Gresik Jawa Timur, Sabtu (7/11/2020). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Saat ini, surat suara pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Utara 2020 sudah mulai dicetak. 

Komisi Pemilihan Umum Sulawesi Utara (KPU Sulut) diwakili Ardiles Mewoh, Lanny A Ointu dan Pujiastuti bersama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulut yang diwakili Kenly Poluan pada Sabtu (7/11/2020) mengawasi langsung pengerjaan surat suara tersebut di PT Temprina Media Grafika Gresik Jawa Timur sebagai penyedia.

Pengawasan ini juga didampingi oleh Pjs Gubernur Sulut Agus Fatoni, Kapolda Sulut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, Kajati Sulut Andi Muh Iqbal Arief, Danrem 131 Santiago Brigjen TNI Prince Meyer Putong

Selain surat suara cagub dan cawagub, perusahaan juga mencetak surat suara untuk pemilihan bupati dan wali kota di Sulut.

Surat suara pilgub sendiri akan dicetak sebanyak jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) ditambah cadangan 2,5 persen daei jumlah DPT di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS). 

Total, sebanyak 1.880.495 lembar surat suara akan dicetak.

Jumlah surat suara pemilihan gubernur dan wakil gubernur adalah sebanyak jumlah pemilih yang tercantum dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), ditambah cadangan 2,5 persen dari jumlah DPT di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS). 

Total yang akan dicetak sebanyak 1.880.495 lembar surat suara.  

Pihak penyedia jasa menargetkan pengerjaan surat suara tersebut akan tuntas dalam waktu 2 hari.

Pada pengerjaan tersebut, Ketua KPU Sulut Ardiles Mewoh mengingatkan kepada pihak penyedia bahwa kualitas surat suara harus konsisten sesuai desain yang diserahkan. 

Ia juga meminta surat suara pemilihan bupati dan wali kota 7 kabupaten/kota di Sulawei Utara, didistribusikan bersamaan dengan surat suara pilgub.

Ardiles pada Senin (9/11/2020) mengatakan bahwa pendistribusian surat suara ini melalui jalur laut dan darat.

"Kalau sudah selesai nanti surat suara akan diangkut menggunakan kapal dan akan tiba di Pelabuhan Bitung pada 17 November 2020," terang Ardiles. ( Tribunmanado/Isvara Savitri) 

BERITA TERKINI TRIBUNMANADO:

Baca juga: Kecelakaan Lalu Lintas, Truk Boks Terguling, Saksi Kaget: Dengar Suara Dentuman Beberapa Kali

Baca juga: Kabar Duka Inalilahi Wainalilahi Rojiun, Model Cantik Dylan Sada Meninggal, Simpan Kisah yang Kelam

Baca juga: Prabowo Bungkam Saat Rizieq Shihab akan Kembali, Refly Harun: Mungkin Banyak yang Berharap

SUBSCRIBE YOUTUBE TRIBUNMANADO OFFICIAL:

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved