Info Kesehatan

Tak Hanya Wortel, 4 Makanan ini Juga Efektif Bantu Jaga Kesehatan Mata, Coba dan Rasakan Sendiri!

Makanan yang mengandung vitamin C dan E, seng, lutein, zeaxanthin, dan asam lemak omega-3 juga berperan dalam menjaga kesehatan mata.

Editor: Indry Panigoro
ISTIMEWA
Ilustrasi  

TRIBUNMANADO.CO.ID - Kita semua tahu bahwa apa yang kita makan memiliki dampak besar pada kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Makanan juga memainkan peran besar dalam menjaga kesehatan mata.

Makanan yang baik untuk mata termasuk mineral dan antioksidan.

Khasiat ini tidak hanya menurunkan risiko terkena katarak dan degenerasi makula tetapi juga meningkatkan indera penglihatan.

Makanan yang mengandung vitamin C dan E, seng, lutein, zeaxanthin, dan asam lemak omega-3 juga berperan dalam menjaga kesehatan mata.

Semua zat gizi ini dapat membantu mencegah katarak dan degenerasi makula yang disebabkan karena faktor usia (membuat ketajaman penglihatan menurun).

Makanan lain dengan kandungan zat gizi lain juga bermanfaat untuk kesehatan mata.

Apa saja, ya? Yuk simak berikut ini.

Baca juga: SUPAYA Tidak Nangis Saat Iris Bawang Merah, Coba Lakukan Cara Sederhana ini

Sayuran hijau

Sayuran hijau mempunyai kandungan lutein dan zeaxanthin. Lutein dan zeaxanthin sendiri merupakan karotenoid yang ditemukan pada retina.

Makanan yang mengandung kedua zat gizi ini memiliki sifat antioksidan yang dapat menurunkan risiko pengembangan degenerasi makula dan katarak.

Antioksidan dapat melindungi mata dari kerusakan yang bisa ditimbulkan oleh sinar matahari, asap rokok, dan polusi udara.

Sayuran hijau yang memiliki kandungan lutein dan zeaxanthin cukup tinggi adalah bayam, daun kale, romaine lettuce, sawi, brokoli, dan lobak hijau.

Selain dalam sayuran hijau, lutein dan zeaxanthin juga bisa ditemukan dalam kacang polong dan alpukat.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved