Breaking News:

Sharing

Pola Puasa

Sama halnya dengan doa, di dalam Alkitab kita juga menemukan berbagai pola berpuasa. Tentu kesungguhan hati akan menentukan lamanya kita berpuasa.

Rumaysho.Com via Tribunstyle.com
Ilustrasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Sama halnya dengan doa, di dalam Alkitab kita juga menemukan berbagai pola berpuasa. Tentu kesungguhan hati akan menentukan lamanya kita berpuasa. Namun disini yang terpenting bukan hanya berapa lamanya saja, melainkan juga sikap hati selama berpuasa dan tujuan dari berpuasa itu sendiri (Yesaya 58:3-5).

ilustrasi berdoa
ilustrasi berdoa (bbc.co.uk via TribunKaltim)

Secara umum ada tiga macam pola berpuasa, yaitu:

a. Puasa biasa.

Puasa ini dilakukan dengan tidak makan apapun juga, namun hanya minum air tawar secara sangat terbatas. Biasanya ini dilakukan untuk puasa yang berjangka panjang, seperti puasa 40 hari penuh. Minum air secara terbatas disini bukan untuk melepaskan dahaga, melainkan karena alasan kesehatan, yaitu untuk menghindari kurangnya cairan dalam tubuh.

b. Puasa total.

Dalam puasa ini orang sama sekali tidak makan maupun tidak minum apapun juga. Pada umumnya ini dilakukan untuk puasa yang berjangka tidak terlalu lama. Puasa total dalam jangka waktu yang sangat lama, seperti yang dikerjakan oleh Musa (Ulangan 9:9), hanya dapat dilakukan dengan pertolongan supranatural dari Tuhan, sebab manusia membutuhkan cairan dalam tubuhnya.

c. Puasa terbatas

Puasa ini di lakukan dengan berpantang terhadap jenis makanan tertentu, khususnya yang sedap dan menjadi kesukaan kita. Dapat juga dilakukan dengan mengurangi jumlah waktu makan kita, misalkan dengan mengabaikan makan pagi dan makan siang.

Berapa lamakah Tuhan Yesus berpuasa di padang gurun? (Matius 4:2)
Empat puluh hari dan empat puluh malam.

Berapa lamakah Saulus berpuasa total, tidak makan dan tidak minum? (Kisah 9:9).
Tiga hari.

Halaman
12
Editor: Aswin_Lumintang
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved