Breaking News:

UMP

Besaran Gaji di Bolmut Menyesuaikan dengan UMP, Kadisnaker: Industri Kecil Masih Mendominasi

Karena di Bolmut itu kan kebanyakan industri kecil, kalau untuk pengupahan memang tergantung kesepakatan antara karyawan dan pengusaha

Mejer Lumantow/Tribun Manado
Kepala Dinas Tenaga Kerja Bolmut Jacomina Mamuaja 

TRIBUNMANADO.CO.ID, BOROKO - Terkait dengan wacana besaran upah minimum provinsi (UMP) tahun 2021 kemungkinan tidak naik, berdasarkan usulan dari dialog selama tiga hari yang berlangsung 15-17 Oktober oleh Dewan Pengupahan Nasional Provinsi, Kabupaten/Kota.

Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) mengatakan hal ini memang masih perlu dikaji khususnya terhadap sistem pengupahan karyawan yang ada di Bolmut.

"Kalau untuk pengupahan tetap kami sesuaikan dengan Upah Minimum Regional (UMR), maupun UMP Provinsi. Karena di Bolmut itu kan kebanyakan industri kecil seperti pertokoan dan warung-warung, kalau untuk pengupahan memang tergantung kesepakatan antara karyawan dan pengusaha saja," jelas Kepala Dinas Tenaga Kerja Bolmut Jacomina Mamuaja kepada Tribun Manado, Senin (19/10/2020).

Baca juga: Pasangan Iskandar-Deddy Konsisten Terapkan Protokol Kesehatan Saat Kampanye

Baca juga: Kabupaten Boltim Miliki 13 Kampung KB

Baca juga: Perempuan Punya Peranan Penting Cegah Penyebaran Covid-19

Dikatakannya, untuk persoalan pengupahan pemerintah tetap menyesuaikan dengan UMR dan telah disampaikan kepada perusahaan-perusahaan yang ada di Bolmut.

"Lagipula di sini tidak ada perusahaan-perusahan besar, kalaupun ada itu hanya seperti Indomart dan Alfamart yang mungkin wajib memberikan gaji sesuai UMP, selebihnya untuk masalah gaji sesuai kesepakatan kontrak kerja saja," kata Mamuaja.

Hal ini memang menyebabkan semua pencari kerja tidak merata sistem pengupahannya. Makanya banyak pekerja yang mencari kerja di luar daerah seperti di Kota Manado.

"Kedepan memang pemerintah sementara merencanakan stimulus bagi masyarakat khususnya para pelaku UMKM sehingga dapat membuka lapangan kerja lebih luas," pungkasnya. (Mjr)

Baca juga: Pertashop Hadir di 32 se-Sulawesi, Pertamina Buka Peluang Kepemilikan untuk Publik

Baca juga: Waspada Fenomena La Nina, Wabup Amin Lasena Ingatkan Warga Tingkatkan Kewaspadaan

SUBSCRIBE YOUTUBE TRIBUN MANADO:

Penulis: Majer Lumantow
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved