Breaking News:

Fenomena La Nina

Waspada Fenomena La Nina, Wabup Amin Lasena Ingatkan Warga Tingkatkan Kewaspadaan

Cuaca buruk dengan intensitas hujan yang tinggi disertai angin kencang terjadi akhir-akhir ini di hampir seluruh wilayah Sulawesi Utara (Sulut)

Istimewa
Wakil Bupati Bolmut Amin Lasena 

TRIBUNMANADO.CO.ID, BOROKO - Cuaca buruk dengan intensitas hujan yang tinggi disertai angin kencang terjadi akhir-akhir ini di hampir seluruh wilayah Sulawesi Utara (Sulut) termasuk di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut).

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengumumkan pada bulan Oktober, November dan Desember sebagian wilayah di Indonesia berpotensi terdampak fenomena La Nina, Fenomena ini merupakan penyimpangan suhu permukaan laut yang berakibat terhadap peningkatan curah hujan.

Menyikapi hal ini, Wakil Bupati Bolmut Amin Lasena mengingatkan seluruh warga yang ada di Kabupaten Bolmut untuk tetap waspada bencana alam.

Baca juga: Pjs Gubernur Sulut Agus Fatoni Apresiasi Festival Pesona Selat Lembeh

Baca juga: Milenial Tomini Minta Iskandar-Deddy Sekolahkan Siswa Kurang Mampu

Baca juga: Ikut Demo Tolak UU Cipta Kerja, Ratusan Mahasiswa Positif Covid-19, Kemendikbud: Ada Dimana-mana

"Saya mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap situasi saat ini, apalagi bagi warga yang berada di pinggiran pantai yang berpotensi terkena Abrasi, juga kepada nelayan untuk melihat kondisi laut sehingga terhindar dari musibah," jelas Lasena kepada Tribun Manado, Senin (19/10/2020).

Kata Wabup, hal ini perlu menjadi perhatian karena wilayah Bolmut sebagian besar wilayahnya berada dipinggiran pantai dan sangat berpotensi terdampak fenomena La Nina ini.

"Melihat fenomena angin ribut beberapa hari ini, baiknya seluruh masyarakat agar berhati-hati terhadap perubahan cuaca, apalagi BMKG sudah memperingatkan kita akan ancaman dari fenomena La Nina ini,” ungkap Wabup Lasena.

Baca juga: Gadis Cantik Hanna Ruth Kristiany Imbar Gencar Kampanyekan Gerakan 3M

Baca juga: Lanal Melonguane Sidak Protokol Covid-19

Dikatakannya, pemerintah juga telah melakukan persiapan untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu akan terjadi bencana alam.

"Hari ini kita akan melaksanakan rapat koordinasi bersama TNI, Polri, BPBD, dan Pemerintah Desa yang dilaksanakan di Kecamatan Sangkub untuk melakukan kesiapsiagaan dalam mengantisipasi bencana alam di Kabupaten Bolmut," kata Wabup.

Selain itu Wabup menambahkan, kendati ditengah situasi saat ini, dirinya mengajak masyarakat untuk tetap menaati protokol kesehatan ditengah pandemi covid-19.

"Saya juga mengimbau masyarakat untuk tetap disiplin melakukan pencegahan covid-19, seperti jaga jarak, menggunakan masker, dan tidak melakukan aktivitas berkerumun, sehingga terhindar dari penularan covid-19," pungkasnya. (Mjr)

Baca juga: Sambangi Pasar Pinolosian, Pjs Bupati Bolsel Bagikan Masker ke Pedagang

Baca juga: Cerita Pebisnis Cantik Dihukum 141.078 Tahun Penjara, Seret Raja ke Ranah Hukum, Begini Nasibnya

SUBSCRIBE YOUTUBE TRIBUN MANADO:

Penulis: Majer Lumantow
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved