Breaking News:

Berita Manado

GSVL Targetkan Pemkot Manado Tahun Depan SAKIP Dapat Predikat A

Wali Kota menyebut sebagaimana peraturan presiden RI Nomor 29 Tahun 2014 bahwa penyelenggaraan SAKIP dilaksanakan secara selaras dan menyeluruh

Penulis: Fistel Mukuan | Editor: David_Kusuma
Istimewa
GSVL Targetkan Pemkot Manado Tahun Depan SAKIP Dapat Predikat A 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Pemerintah Kota (Pemkot) Manado di bawah kepemimpinan Wali Kota GS Vicky Lumentut rapat bersama Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), mengevaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) melalui zoom meeting.

Rapat tersebut dilakukan Selasa (15/9/2020) bertempat di Aula Serba Guna Pemkot Manado.

Wali Kota menyebut sebagaimana peraturan presiden RI Nomor 29 Tahun 2014 tentang SAKIP, bahwa penyelenggaraan SAKIP dilaksanakan secara selaras dan menyeluruh, serta sesuai dengan tatacara pengendalian dan evaluasi pelaksanaan rencana pembangunan baik di pusat maupun di daerah.

"Penyelenggaraan SAKIP pada tingkat perangkat daerah dilaksanakan oleh entitas akuntabilitas kinerja perangkat daerah, yaitu instansi pemerintah selaku pengguna/kuasa pengguna anggaran yang melakukan pencatatan, pengelolaan dan pelaporan data kinerja," kata GSVL.

Filosofi Benang Merah di Kabupaten Bolsel

Danrem 131/Santiago Lakukan Ini di Kantor Bupati Bolmong

JWS: Program Rp 200 Juta Per Desa CEP-Sehan, Bisa Dianggarkan untuk Honor Linmas Desa

Lanjutnya, kebijakan peningkatan implementasi SAKIP Pemkot Manado di antaranya memastikan target kinerja sebelum pengajuan anggaran, melakukan perjanjian kinerja, pengukuran kinerja, pengelolaan data kinerja, pelaporan kinerja serta review dan evaluasi kinerja.

"Untuk itu harus ada keselarasan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dengan Rencana Strategis (Renstra), Keselarasan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) dengan Rencana Kerja Perangkat Daerah (Renja) dan kinerja berorientasi hasil, monitoring dan evaluasi secara berkala, pelaporan kinerja serta evaluasi kinerja,” jelas Wali Kota.

Mengenai SAKIP, Wali Kota sampaikan bahwa dalam kurun waktu tujuh tahun terakhir, grafik nilai evaluasi menunjukan peningkatan, dari 51.17 di tahun 2012 hingga 72.25 di tahun 2019 tingkat akuntabilitas kinerja ini meraih predikat 'BB' sejak tahun 2017.

Jems Tuuk Bawa Aspirasi Masyarakat Bolsel Bangun Rumah Ibadah, Langsung Direspons Wagub

Baliho Paslon Dirusak, Camat Amurang Imbau Hargai Perbedaan

"Tahun depan target kami predikat “A”. Untuk Memenuhi Target Tersebut, mari kita lebih berbenah diri secara utuh dan menyeluruh. Kita harus mulai dari sistem perencanaan, penganggaran, hingga sistem pelaporan kinerja," ucap GSVL.

GSVL katakan agar orientasi kinerja tidak lagi berkutat pada menyusun laporan dan menyerap anggaran, namun lebih daripada itu, menciptakan multiplier effect bagi kemajuan kualitas hidup masyarakat, dan bahwa manfaat kinerja Pemkot  Manado harus dapat dirasakan oleh masyarakat. Untuk itu, ada tujuh upaya yang dapat di lakukan.

Pertama, Menyempurnakan Proses Penjenjangan (Cascading) Kinerja, Perbaikan Struktur Organisasi, dan Optimalisasi Proses Bisnis Kinerja Utama.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved