Breaking News:

Berita Manado

Ini Peran Diskominfo Manado di Tengah Pandemi Covid-19

Mewabahnya Covid-19, membuat Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Manado, terus berinovasi

Penulis: | Editor: David_Kusuma
Istimewa
Kepala Diskominfo Manado, Erwin Kontu Selasa (11/8/2020) siang, saat menjadi narasumber dalam Tribun Jurnal. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Mewabahnya Covid-19, membuat Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Manado, terus berinovasi.

Bahkan saat ini Diskominfo Manado, tak hanya sebatas menjadi penyebar luasan informasi saja, namun turut melakukan pelayanan publik melalui layanan call center 112. Hal ini diungkapkan Kepala Diskominfo Manado, Erwin Kontu Selasa (11/8/2020) siang, saat menjadi narasumber dalam Tribun Jurnal.

Kontu menjelaskan memang pada awalnya layanan call center 112 ini digunakan untuk informasi dan layanan terkait kebencanaan seperti banjir, kebakaran, info tinggi permukaan air, permohonan evakuasi dan kebutuhan logistik.

Wenny Lumentut Diusung PDIP, Koalisi PDIP-Gerindra Siap Menangkan Pilkada Tomohon

Anggota DPRD Bitung Terima Aspirasi Terkait Kantor Lurah yang Memprihatinkan

Caroll Senduk Diusung PDIP di Tomohon, Kesabaran yang Berbuah Manis

"Namun lambat laun, fungsinya mulai lebih banyak, termasuk laporan kriminal, keluhan layanan publik, laporan kesehatan termasuk layanan penanganan Covid-19. Memang penambahan pelayanan ini beriringan dengan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap layanan 112, apalagi saat menelpon tidak dipunggut biaya alias gratis, sehingga ini meninggikan animo masyarakat untuk menghubungi layanan 112," jelas dia

Selain itu, tambah Kontu, pada masa pandemi ini, Diskominfo Manado juga terus berinovasi menyediakan berbagai aplikasi layanan yang dapat diakses masyarakat, salah satunya sistem pemantauan sebaran Covid-19 atau disebut Sipanser.

"Di mana aplikasi tersebut, berfungsi untuk mengetahui sebaran kasus pandemi Covid-19, yang berbasis peta di Kota Manado," ujarnya.

IKUTI INSTAGRAM TRIBUN MANADO:

Ia mengatakan, selain itu, Diskominfo Manado juga telah menghadirkan aplikasi jejak, guna membantu pemerintah kota untuk melakukan tracing dan tracking, mengetahui keberadaan pasien Covid-19, sehingga diharapkan adanya aplikasi ini, akan membantu Pemkot untuk mengendalikan penyebaran Covid-19.

"Dan yang terbaru adalah kita akan bekerja sama dengan kementerian kesehatan, untuk membangun layanan Tele Sehat, dimana kita akan menggunakan teknologi informasi berbasis web sebagai sarana pelayanan masalah kesehatan bagi masyarakat, terutama dalam mengatasi wabah Covid-19," terang dia.

Nasib Pemindahan Ibu Kota Negara di Tengah Pandemi Covid-19, Luhut Binsar Panjaitan Buka Suara

Dimana lanjutnya, Tele Sehat ini akan membantu masyarakat, untuk berinteraksi secara langsung dengan dokter untuk mengkonsultasikan permasalahan kesehatan, tanpa harus mendatangi Faskes.

Dalam penutupnya Kontu menegaskan bahwa setiap jajaran staf baik ASN dan THL di Diskominfo Manado, telah lama mempersiapkan diri, dalam menghadapi era teknologi.

"Sehingga SDM yang kita miliki untuk mengelola berbagai teknologi ini, sudah tidak diragukan lagi, karena kami juga terus mengembangkan SDM yang ada agar benar-benar menguasai dan dapat membangun berbagai macam aplikasi dan web, yang tujuannya untuk mempermudah masyarakat," tandasnya. (drp)

Wagub Pimpin Rakor Penanggulangan Kemiskinan, Ingatkan Kendala Ego Sektoral

Wanita Tua Ini Rayakan Ultah Ke-103 Tahun dengan Membuat Tato, Hingga Berkeinginan Naik Motor

SUBSCRIBE YOUTUBE TRIBUN MANADO:

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved