Janji Mesra di Manado: Golkar-Gerindra Siapkan Imba-Melky

Kontestasi di Pilkada Kota Manado kembali memanas. Kini mencuat poros baru yang disponsori Partai Golkar

Istimewa
Jimmy Rimba Rogi dan Melki Suawah 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO – Kontestasi di Pilkada Kota Manado kembali memanas. Kini mencuat poros baru yang disponsori Partai Golkar dan Partai Gerindra. Koalisi beringin-garuda sudah memenuhi syarat, 8 kursi di DPRD Manado, untuk mengusung pasangan calon di pesta demokrasi 9 Desember 2020. Golkar punya 5 kursi di DPRD Manado punya jagoan Jimmy Rimba Rogi atau yang akrab disapa Imba.

Kantor Komnas HAM Ditutup

Sedangkan partai besutan Prabowo Subianto yang menempati 4 kursi di parlemen, mendorong figur milenial seperti Melky Suawah, Sekretaris DPD Gerindra Sulut untuk bersanding dengan mantan Wali Kota Manado ini. Dia membantu Ketua DPD Gerindra Sulut Wenny Warouw membesarkan partai di daerah. Duet Imba-Melky menjadi kekuatan baru yang patut diperhitungkan lawan.

“Sementara tahapan komunikasi dengan partai lain, sudah ada beberapa calon yang lobi juga, Imba (Jimmy Rimba Rogi) yang serius," ujar sumber tribunmanado.co.id di internal Gerindra, Rabu (29/7/2020). Setali tiga uang, langkah Gerindra Manado. Rencananya pengurus menemui Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto untuk mematenkan langkah parpol berlambang kepala garuda ini di Pilkada Manado. "Nanti disampaikan hasilnya setelah mendapat arahan dari Pak Ketua Umum," ujar Ronald Saumur, Sekretaris Gerindra Manado.

Imba, Jabes, SAS, CNR Kawal Tetty Paruntu Mendaftar
Imba, Jabes, SAS, CNR Kawal Tetty Paruntu Mendaftar (andrew pattimahu/tribun manado)

Sebelumnya, Gerindra juga memprioritaskan kader maju di Pilkada Serentak 2020. Hal itu disampaikan Sekretaris Jenderal DPP Gerindra, Ahmad Muzani, beberapa waktu lalu. Ia mengatakan, Gerindra diharapkan memprioritaskan kader untuk maju menjadi calon wali kota, wakil wali kota, calon bupati, wakil bupati, atau calon gubernur dan wakil gubernur.

"Majunya kader Gerindra dalam kontestasi pilkada Desember 2020 mendatang akan menjadi sesuatu yang prestise bagi pencapaian politik partai di tingkat daerah, cabang atau DPD," ujarnya.

PK Djoko Tjandra Tidak Dapat Diterima

Karena itu, Muzani menyampaikan kader Gerindra maju dan menjadi prioritas bagi pencalonan Gerindra dalam pilkada.

Ketua DPD Golkar Sulut Christiany Eugenia Paruntu (CEP) melalui Juru Bicara Feryando Lamaluta mengatakan, partai berlambang pohon beringin dan Gerindra akan mesra-mesraan pada Pilwako Manado. "Golkar dan Gerindra mesra di Manado. Komunikasi tingkat tinggi sementara berproses di tingkat dewan pimpinan pusat (DPP)," ujar dia. Yoyo, sapaan akrabnya, mengatakan tinggal waktu yang akan menjawab koalisi dua partai besar itu. "Semua akan indah pada waktunya," ujar dia.

Ditanya siapa yang disodorkan Golkar jika koalisi ini terjadi, Feryando menjawab yang diketuai Airlangga Hartarto ini masih berkomitmen mengusung Imba sebagai bakal calon wali kota untuk bertarung pada Pilwako Manado. "Surat tugas yang diserahkan DPP Golkar pada Maret lalu ke Pak Imba sebagai bakal calon wali kota tidak berubah," ujarnya.

Golkar adalah partai yang memiliki komitmen untuk mengusung kadernya pada hajatan pilkada. Menurut Feryando, mantan Wali Kota Manado itu memiliki elektabilitas tinggi dan pendukung fanatik.

PDIP siap tempur di Pilkada Manado. DPC PDIP Kota Manado telah menuntaskan konsolidasi memperkuat mesin partai bahkan hingga ke tingkat lingkungan di Manado. Ketua DPC PDIP Manado, Richard Sualang mengatakan, DPC telah menyelesaikan konsolidasi di tingkat ranting di 87 kelurahan, hingga ke tingkat anak ranting di 504 lingkungan.

Halaman
123
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved