Imba-SSK Buka Peluang: Gerindra Manado Temui Prabowo

Poros baru berpeluang di Pilkada Manado. Kubu yang menjagokan Sonya Selviana Kembuan (SSK)

Istimewa
Sonya Silviana Kembuan 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO – Poros baru berpeluang di Pilkada Manado. Kubu yang menjagokan Sonya Selviana Kembuan (SSK) ini perkuat Partai Gerindra, PKS, PSI dan Hanura. Partai Golkar pun punya peluang bergabung dengan menyandingkan Jimmy Rimba Rogi alias Imba dan SSK.

Sebenarnya peluang SSK untuk mengunci ‘DB 1 A’ semakin tipis. Partai yang punya kursi di DPRD Manado seperti PDIP, Nasdem, Demokrat, PAN, Perindo sudah punya jagoannya masing-masing.

Saat Takbiran Warga Wajib Bermasker

Kini hanya tersisa Golkar (5 kursi), Gerindra (4 kursi), PKS (2 kursi) dan Hanura (1 kursi). SSK harus mendapat dukungan penuh dari Golkar, Gerindra, PKS, PSI dan Hanura agar bisa maju pilkada. Begitu juga dengan Imba yang didukung Golkar, masih butuh 3 kursi tambahan supaya bisa bertarung.

Bagaimana tanggapan perempuan yang berprofesi sebagai pengusaha ini. Dihubungi www.tribunmanado.co.id, Selasa (28/7/2020), SSK mengatakan, masih punya asah akan maju dalam pesta demokrasi lima tahunan itu. "Saya sampai sekarang masih menjalin komunikasi dengan beberapa partai termasuk dengan Gerindra," ujar dia.

Dia mengatakan, peluang untuk maju sebagai calon wali kota masih terbuka lebar. Kata SSK, sudah ada beberapa nama yang disodorkan kepadanya sebagai pasangan ‘papan dua’, calon wakil wali kota.
Dia berpendapat dibutuhkan figur yang harmonis dan penyeimbang untuk membangun Manado. "Siapapun papan duanya saya tak jadi masalah. Yang penting SSK bisa memberi diri dan pelayanannya bagi kemajuan dan untuk masyarakat Kota Manado," ujarnya.

Informasi yang beredar, SSK diusung koalisi Gerindra, PKS dan PKB (partai nonseat di parlemen). Nama-nama yang disiapkan sebagai papan dua diantaranya Melky Suawah (Gerindra) dan sejumlah tokoh Muslim.

Gerindra satu di antara kekuatan politik di Manado siap menentukan sikap. Parpol dengan perolehan 4 kursi DPRD Manado ini segera melakukan finalisasi. "Malam ini Gerindra Manado akan bertemu dengan Pak Ketua Umum (Prabowo Subianto), kita meminta arahan beliau soal Pilkada Manado, " kata Ronald Saumur, Sekretaris DPD Partai Gerindra Manado ketika dikonfirmasi tribunmanado.co.id, Selasa (28/7/2020).

Semua proses penjaringan calon sudah dilkukan DPD Gerindra Manado, kemudian nama-nama yang mendaftar pun sudah diajukan ke DPP Gerindra. "Finalnya diputuskan Pak Ketum," kata dia.

Harga Emas Tembus Rp 1 Juta per Gram: Tertinggi Sepanjang Sejarah

Jika tak ada aral melintang, Gerindra akan segera mengumumkan sikap di Pilkada Manado. Peta politik Pilkada Manado mulai mengerucut menjadi tiga poros kekuatan. Ketiga poros tersebut yakni PDIP, koalisi Demokrat-PAN dan koalisi Nasdem-Perindo-PSI.

Tiga poros ini sudah mengantongi tiket mengusung calon. PDIP berpeluang besar mengusung Andrei-Angouw sembari menanti injury time mengumumkan resmi calon. Koalisi Demkorat-PAN mengusung Mor Bastian-Hanny Joost Pajouw (Mor HJP) dan koalisi Nasdem-Perindo-PSI mengusung Julyeta Paulina Amelia Runtuwene-Harley Mangindaan (JPAR-Ai).

Jimmy Rimba Rogi atau Imba saat hendak mendaftar calon Wali Kota Manado di Golkar
Jimmy Rimba Rogi atau Imba saat hendak mendaftar calon Wali Kota Manado di Golkar (Tribun manado / Ryo Noor)
Halaman
123
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved