Breaking News:

Tips Hadapi Virus Corona

5 TIPS Mengatasi Bau Mulut Saat Memakai Masker, Ini Penjelasan Dokter Gigi

Bau mulut sebenarnya hal yang banyak dialami masyarakat. Menurut Akademi Kedokteran Gigi Umum AS, hingga 80 juta orang memiliki bau mulut.

Dok Kominfotik Jaksel
Pembagian masker kain gratis di kawasan Tebet, Jakarta Selatan. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Memakai masker adalah salah satu hal yang diwajibkan ditengah pandemi virus corona.

Namun ada yang perlu diwaspadai yaitu efek samping yang tidak menyenangkan, yaitu bau mulut.

Lalu, apa yang menyebabkan bau mulut saat mengenakan masker?

“Masker itu tidak membuat kita mengalami bau mulut," kata dokter gigi Mark S. Wolff, yang juga menjadi dekan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Pennsylvania 

“Masker membuat kita lebih sadar bahwa kita memiliki bau mulut,” imbuh Mark yang telah menghabiskan bertahun-tahun meneliti mengapa napas kita kadang-kadang berubah menjadi bau.

Dengan kata lain, sebenarnya selama ini kita sudah memiliki bau mulut tapi tidak menyadarinya. 

"Seolah-olah kita menangkupkan tangan kita di depan wajah kita untuk menguji napas kita. Tetapi itu dilakukan sepanjang waktu,” katanya kepada South China Morning Post.

Bau mulut sebenarnya hal yang banyak dialami masyarakat. Menurut Akademi Kedokteran Gigi Umum AS, hingga 80 juta orang memiliki bau mulut.

Mulut kita sudah dipenuhi bakteri, ditambah sisa makanan yang kita makan terselip di antara gigi kita, di bawah gusi kita, di belakang lidah kita dan di dalam sinus kita.

Koh Chu Guan, seorang konsultan senior kedokteran gigi mengatakan bahwa udara lembab penuh bakteri dihasilkan ketika kita bernafas, terutama melalui mulut kita, dan terperangkap dalam kain masker kita. Ketika mengering, berpotensi meninggalkan bau pada kain.

Halaman
123
Editor: Rhendi Umar
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved