Breaking News:

Gunung Api

Peneliti Temukan Gunung Berapi Supervulkanik di Hong Kong China, Bisa Jadi Bencana Global

Supervolcano adalah gunung berapi besar yang memiliki erupsi dengan Volcanic Explosivity Index (VEI) delapan, nilai terbesar yang tercatat pada indeks

Editor: Aldi Ponge
sfchronicle.com
Ilustrasi Supervulkano 

TRIBUNMANADO.CO.ID -  Para peneliti menemukan gunung api raksasa di Hong Kong, China

Supervolcano berusia 140 tahun tersembunyi.

Asal mula kota dapat ditelusuri kembali menurut lava dan abu yang tertinggal setelah letusan supervolcano 140 juta tahun yang lalu

Letusannya yang keras dapat membantu membentuk geologi di wilayah tersebut.

Supervolcano adalah gunung berapi besar yang memiliki erupsi dengan Volcanic Explosivity Index (VEI) delapan, nilai terbesar yang tercatat pada indeks.

Mobil yang Dikendarai Kiki Tiba-tiba Oleng dan Terbalik, Sayur dan Tomat Berserakan di Jalan Tol

Edhy Prabowo Rombak Sederet Aturan di Era Susi Pudjiastuti, Salah Satu Penenggelaman kapal

Ilustrasi Hong Kong
Ilustrasi Hong Kong (Pixabay)

Ini berarti volume simpanan untuk letusan itu lebih besar dari 1.000 kilometer kubik, kekuatan yang cukup untuk menghancurkan seluruh kota dan menyebabkan bencana global dari efek yang ditimbulkannya, seperti musim dingin nuklir.

Struktur Hong Kong didominasi oleh batuan beku, termasuk batuan granit dan batuan vulkanik, yang terbentuk selama periode letusan gunung berapi besar di era Mesozoikum.

Melansir Express.co.uk, Minggu (5/7/2020), para peneliti mengatakan asal mula kota dapat ditelusuri kembali menurut lava dan abu yang tertinggal setelah letusan supervolcano 140 juta tahun yang lalu di daerah tersebut.

Penemuan ini dibuat oleh ahli geologi selama survei harian mereka, sebagaimana mereka menemukan bahwa batuan yang mereka lihat semuanya dapat dihubungkan dengan satu sumber, menjadikan penemuan itu sebagai yang pertama di wilayah tersebut.

2,2 Juta Mobil Volvo Ditarik Kembali, Sabuk Pengaman Jadi Alasan, Terhubung dengan Kabel Baja

Asmirandah Ungkap Perjuangan Jonas Rivanno, Gendong si Bumil sampai Lantai 3 Demi Pemotretan

Insinyur Teknik Sipil dan Pengembangan Departemen geoteknik, Denise Tang Lai-kwan, mengatakan pada tahun 2012: “Benar untuk mengatakan bahwa kota utama terletak di gunung berapi yang sangat tua.

Halaman
123
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved