Pilkada 2020

Jefry Kembau: Tetty Paruntu-Elly Lasut Sudah Sangat Ideal

Pengamat politik Sulawesi Utara (Sulut), Drs Jefry Kembau meyakini Pilgub Sulawesi Utara (Sulut) akan diikuti oleh tiga pasang calon.

istimewa
Pengamat politik Sulawesi Utara (Sulut), Drs Jefry Kembau. Kembau meyakini Pilgub Sulawesi Utara (Sulut) akan akan diikuti oleh tiga pasang calon. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pengamat politik Sulawesi Utara (Sulut), Drs Jefry Kembau meyakini Pilgub Sulawesi Utara (Sulut) akan diikuti oleh tiga pasang calon.

Calon pertama, usungan PDI Perjuangan yang sudah mematenkan pasangan Olly Dondokambey dan Steven Kandouw sejak jauh-jauh hari.

Kedua, Vonny Anneke Panambunan yang sudah diusung Partai Nasdem dan tinggal mencari pasangan papan duanya.

Ketiga, pasangan yang akan diusung oleh koalisi Golkar dan Demokrat dan bisa juga Golkar dan Partai Amanat Nasional (PAN).

"Jika Golkar dan Demokrat jadi koalisi, maka Demokrat harus legowo mengsung calon wakil gubernur saja, begitu juga jika Golkar dan PAN," terangnya, Selasa (30/6/2020).

"Ini karena jumlah kursi di Steven Kandouw, Golkar masih lebih banyak dari dua partai tadi," lanjut, lulusan Fakultas Fisip Universitas Sam Ratulangi ini.

Lebih lanjut dia berpendapat Christiany Eugenia Paruntu harus menjadi prioritas utama menjadi calon Gubernur Sulut.

Alasannya, elektabilitas Bupati Minahasa Selatan (Minsel) ini sangat bagus dan sangat rugi bagi koalisi partai jika hanya diusung pada papan dua (wakil gubernur).

"Faktor lainnya Tetty adalah ketua partai dan surveinya juga bagus," kata dia.

Dosen salah satu universitas swasta ini mengatakan, "apalagi Tetty Paruntu diusung menjadi papan satu adalah harga mati bagi Partai Golkar."

"Saya dengar surat keputusan (SK) Partai Demokrat sudah menjadi milik Elly Lasut. Jadi sudah sangat ideal dan logis jika Golkar-Demokrat mengusung Tetty Paruntu-Elly Lasut," katanya.

Begitu juga jika SK PAN jatuh ke tangan Sehan Landjar. "Tetty Paruntu berpasangan dengan Sehan Landjar juga sudah sangat wajar." pungkasnya.

Alfons: Peluang Satu Calon Gubernur Bisa Terjadi, Kursi di DPRD Sulut Masih Cukup Berkoalisi

Suarakan Aspirasi Petani, DPRD Sulut: Dari 6 Presiden, Nanti di Era Jokowi Hasil Pertanian Kena PPn

Tunjang Pengelolaan Kebun, Pemdes Dudepo Barat Bagikan 40 Mesin Potong Rumput Pada Warga

 

Penulis: Andrew_Pattymahu
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved